Bangun Karakter Siswa, MTs N 4 Rembang Programkan Shalat Dhuha

Rembang – Untuk membangun dan memperkuat karakter siswa, MTs N 4 Rembang membuat program shalat dhuha tiap-tiap kelas. Pelaksanaan shalat dhuha ini dimulai pukul 06.30 WIB dan dilaksanakan di kelas masing-masing.

Seperti biasanya sebelum bel masuk, siswa langsung bersiap-siap mengambil air wudhu dan persiapan melaksanakan dhuha yang terprogram di kelas masing-masing dan dilaksanakan dengan penuh khusyu.

sesudah dhuha dilanjutkan dengan pembacaan surat-surat pendek ayat Al-Qur’an secara bersama-sama di tiap-tiap kelas.

Manfaat dari sholat dhuha diantaranya adalah membuat hati terasa tenang, mengatasi rasa gelisah, pikiran jernih dan masih banyak manfaat yang dapat dirasakan, Program ini sudah berjalan sejak ajaran baru yang lalu.

kepala MTsN 4 Rembang, Masrum mengungkapkan, kegiatan shalat sunnah adalah bentuk implementasi pembelajaran. “Kegiatan ini mengacu pada kompetensi inti menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. Shalat dhuha dapat menguatkan karakter dan sikap spiritual religius dalam kerangka nilai-nilai keislaman,” ujar Masrum.

Melly dan Putri Siswa kelas 7, mengaku merasa senang dengan pembiasaan shalat dhuha ini, karena pikiran jadi lebih jernih, fresh, hati tenang dan positif saat akan memulai proses kegiatan pembelajaran dimulai. – dwi/iq/bd