Semarakkan Masjid, Kakankemenag Lounching Khotmil Qur’an Binnadhor Bersama Penyuluh

Blora – Sebagai upaya memakmurkan kegiatan di masjid, baru-baru ini (11/1) kepala  Kankemenag Kabupaten Blora, Nuril Anwar,SH,MH Blora melaunching program Khotmil Qur’an Binnadhor  perdana di masjid ARROHMAT, desa Sambong.

Acara tersebut berlangsung khidmat dengan dihadiri langsung oleh Kepala Kemenag Blora, Camat Sambong, Kapolsek dan Danramil  serta para Penyuluh Fungsional (PNS) maupun Penyuluh Non PNS se Kecamatan Cepu dan Jama’ah masjid sekitar.

Di hadapan Jamaah yang hadir  pagi pukul 05.00 WIB sampai sore  yang mengalunkan ayat-ayat suci Al Qur’an, Ketua Pokjaluh Blora, Nuril Asrori,M.Hum menyampaikan agar kegiatan membaca Alquran adalah untuk syiar Islam bukan riya’ sehingga perlu dibaca dengan jahr (suara keras) agar didengarkan masyarakat luas.

“Ini adalah untuk syi’ar Islam bukan riya’, karena   Al Qur’an perlu dida’wahkan ke orang lain, berbeda kalau kita berdo’a biasanya dilakukan dengan Sir (suara pelan) sehingga  Membaca Qur’an  perlu dengan pengeras suara untuk dakwah di masyarakat” ungkapnya serius.

Sementara itu, Camat Sambong, Retno dalam sambutannya menyampaikan bahwa Acara seperti  ini nanti diharapkan bisa ditiru di masjid-masjid lain di Blora sebagai upaya berlomba-lomba dalam kebaikan, termasuk  kegiatan meramaikan masjid dengan bacaan ayat-ayat suci Qur’an dan semoga bermanfaat bagi masyarakat dan ummat

Pihaknya mengingatkan bahwa menjelang Pilihan Gubernur ini  diharap agar waspada terhadap kegiatan-kegiatan yang berbau SARA yang dikaitkan dengan Pilgub, dan  Jangan ada kegiatan-kegiatan  oleh sekelompok orang yang bisa merusak persatuan dan kesatuan umat sehingga merugikan kita yang menginginkan kedamaian, kebahagiaan, persaudaraan dan persatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam NKRI.

“Dengan mengisi kegiatan yang positif ini akan membawa pencerahan  kehidupan masyarakat lebih baik lagi, dan Jika ada kegiatan yang negatif  yang merugikan masyarakatdimohon masyarakat bisa melapor kepada petugas yang berwenang , baik Kepolisian atau yang berwajib menanganinya”paparnya.

Senada dengan hal tersebut, kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar menyampaikan bahwa  pihaknya juga mengingatkan agar masyarakat  tidak hanya berlomba membangun fisik masjid namun juga berlomba mengisi kegiatan masjid, sehingga perlua adanya kegiatan Gerakan Meramaikan Masjid Dengan Khotmil Qur’an.

“Maka setelah Lounching Khotmil Qur’an yang dimulai dari masjid ARROHMAT di desa Sambong ini selanjutnya setiap  selapan sekali hendaknya  diadakan Khotmil Qur’an dari masjid ke masjid seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Blora”paparnya serius.

                                        

Nuril mengungkapkan bahwa  Al Qur’an itu sebagai obat (syifa’) baik obat hati dan segala obat, sehingga Alquran itu akan memberi  Rohmat, sehingga  semakin Qur’an itu dibaca maka akan mendapat banyak pahala dan rohmat itu akan terus turun

“Maka itu makmurkanlah masjid (rumah Allah) itu dengan  kegiatan membaca Qur’an, karena Sesungguhnya yang memakmurkan masjid itulah orang-orang yang beriman kepada Allah SWT”imbuhnya.

 Selain itu, menurutnya supaya kegiatan ini tetap istiqomah dan berlangsung terus, maka setiap masjid perlu membentuk Remaja Masjid, karena fungsi masjid pada jaman nabi sangat penting, yakni untuk musyawarah, urusan pemerintahan, berdiskusi tentang  agama atau umat, seni budaya islami dan lain-lain, karena yang disukai Allah SWT itu masjid yang ramai kegiatan bukan yang bagus fisiknya.

Nuril Anwar juga mengharapkan  adanya peran Penyuluh Agama agar agama ini maju dan dakwah di masyarakat bisa berkembang.

“Penyuluh itu programnya antara lain bertugas  memakmurkan masjid, Supaya setiap desa itu ada penyuluh Agama yang ada SK nya, sehingga  Penyuluh Agama itu Kyai Kementerian Agama, maka itu harus bisa menjadi pelopor agama, Termasuk memprogramkan kegiatan Khotmil  Qur’an 30 Juz”paparnya.                                              

Dalam Pembukaan  Khotmil Qur’an Binadhor tersebut, Juga diserahkan secara simbolik sejumlah Al Qur’an dari Kepala Kankemenag Blora  kepada Ta’mir Masjid ARROHMAT.(kum/Ima/bd)