Sembako Subsidi Di Tengah Pandemi.

Kota Magelang – Paguyuban Majlis Taklim 521 setiap seminggu sekali menjual sembako murah sebanyak 80 paket sebagai bentuk bina lingkungan Majlis Taklim sekaligus dakwah bil Hal di tengah masa pandemi. Adapun sumber dana penjualan paket sembako murah berasal dari gerakan sedekah subuh dengan minimal dua ribu rupiah yang dikumpulkan melalui koordinator masing-masing majlis taklim.

Hingga saat ini, penjualan paket sembako murah telah bergilir di 68 lokasi majlis taklim sesuai jadwal yang telah tersusun. Itu artinya, telah 1.360 paket sembako murah dinikmati oleh jamaah majlis taklim. Dengan hanya membayar separo dari harga wajar, jamaah majlis taklim merasa sangat terbantu dengan program ini. Disetiap paket sembako yang berisi beras, telur, minyak goreng, gula dan gula pasir ini sudah dinikmati tidak hanya oleh jamah majlis taklim saja, akan tetapi juga oleh masyarakat luas.

Karomah, PAIF Kementerian Agama Kota Magelang telah merintis program ini di majlis taklim binaanya sejak pandemi Covid 19 melanda tahun lalu. Gagasan ini semula muncul sebagai bentuk empati atas dampak ekonomi yang dialami oleh para jamaahnya. Pemutusan hubungan kerja, turunnya penghasilan dan beragamnya kebutuhan hidup menjadi pemicu melemahnya kekuatan daya beli masyarakat untuk mencukupi keperluan hiup sehari-hari.

Disetiap ceramah yang disampaikannya, Karomah tidak pernah bosan mengingatkan kepada jamaahnya agar selalu meringankan tangan untuk bersedekah. “Sedekah termasuk kedalam salah satu amal shaleh yang diperintahkan oleh Allah SWT dan dianjurkan Rasulullah SAW. Manfaat bersedekah bukan hanya dirasakan oleh si pemberi saja, akan tetapi tapi juga dirasakan oleh si penerima sedekah. Itu artinya bahwa orang yang bersedekah akan mendapatkan pahala sekaligus hikmah, sedangkan yang menerima sedekah akan mendapatkan manfaat. Hikmah bersedekah diantaranya adalah sebagai penghapus dosa, memperkuat iman, menyembuhkan penyakit dan  membuka pintu rezeki,” jelasnya.

“Alhamdulillah, dengan gerakan subsidi murah sembako ini juga menjadi pembuka hati, terbukti dibeberapa majlis taklim yang tergabung dalam Paguyuban Majlis Taklim 521 jumlah jamahnya menjadi bertambah. Mudah-mudahan program ini memberikan keberkahan bagi kita sejak di dunia hingga akherat kelak,” ucapnya sebelum menutup ceramah. (Karomah/HS).