KKMA Kab. Pemalang Gelar KSM dan AKSIOMA

Pemalang – Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) Kabupaten Pemalang pada hari ini, Senin (3/4) menggelar kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) tingkat Kabupaten Pemalang di MAN Pemalang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, Taufik Rahman secara langsung membuka kegiatan yang ditandai dengan pelepasan untaian balon gas. Dalam sambutannya, Taufik berharap kegiatan bisa membangun citra madrasah dan mengembangkan potensi siswa.

“Melalui KSM dan AKSIOMA kita bangun citra madrasah baik di bidang akademik maupun olahraga. Ajang ini diharapkan bisa mengembangkan potensi kreativitas siswa sesuai minat dan bakatnya untuk dapat beraktualisasi diri,” terang Taufik.

Sebanyak 71 siswa dari 16 MAN/MAS di Kabupaten Pemalang mengikuti KSM. Sedangkan untuk AKSIOMA diikuti oleh 221 siswa. KSM mempertandingkan enam mata pelajaran yaitu matematika, fisika, kimia, biologi, ekonomi, dan geografi. Untuk AKSIOMA jenis mata lombanya yaitu tenis, tenis meja, bulu tangkis, MTQ, kaligrafi, madrasah singer, pidato bahasa Inggrisa masing-masing untuk putra dan putri serta futsal untuk putra.

Taufik meminta kepada peserta lomba untuk mengikuti lomba dengan sportif. Modal utama dalam mengikuti kompetisi, menurutnya adalah kejujuran.

“Kejujuran, satu kata yang bisa mejadi modal utama dalam mengikuti kompetisi. Sikap jujur sebagai salah satu ciri orang bertakwa. Melalui madrasah, kita tanamkan ilmu agama kepada siswa didik untuk mewujudkan revolusi mental,” ujar Taufik.

Kepada juri, diharapkan bisa memberikan penilaian yang obyektif karena kegiatan kali ini juga untuk menjaring siswa yang akan mewakili Kabupaten Pemalang di kompetisi tingkat provinsi. Juri lomba kali ini berasal dari luar lingkungan MA. (fi/rf).