Sempat Tertunda, MAN 1 Semarang Gelar Akhirussanah Secara Virtual

Ungaran – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Semarang menggelar kegiatan Akhirusanah bagi siswa kelas XII secara virtual, Rabu, (1/9).

Acara yang sempat beberapa kali tertunda akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini akhirnya terlaksana dengan lancar tanpa kendala di Aula setempat, dengan penerapan protokol kesehatan ketat dan juga pembatasan jumlah peserta.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang, Nurudin dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada siswa-siswi kelas XII yang telah lulus, sekaligus mengapresiasi segenap civitas akademika MAN 1 Semarang yang telah berhasil mengantarkan seluruh peserta didik menyelesaikan pendidikan  jenjang menengah atas dan puncaknya menggelar kegiatan akhirussanah meski secara virtual.

“Kami yakin sepenuhnya bahwa kegiatan virtual ini semata untuk saling menjaga agar tidak terjadi kerumunan di madrasah sekaligus sebagai tindakan preventif agar kita terhindar dari penularan dan penyebaran virus covid-19,” kata Nurudin.

Namun demikian, pihaknya tetap berharap agar kegiatan bisa diikuti dengan seksama hingga usai oleh siswa maupun orang tua/wali yang tidak bisa hadir secara langsung di madrasah agar tidak ada informasi yang tertinggal.

“Selamat atas prestasi yang telah diukir oleh siswa-siswi MAN 1 Semarang khususnya bagi alumni yang telah diterima di beberapa Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta, semoga bekal ilmu yang diperoleh dari madrasah berkah manfaat,” terangnya.

Sementara itu Kepala MAN 1 Semarang, Mahsun Al Wa’id dalam laporannya menginformasikan bahwa hingga kini, sudah banyak kejuaraan yang diperoleh madrasah baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional meski pembelajaran dilaksanakan secara daring. Baru-baru ini, MAN 1 Semarang berhasil meraih juara 1, 2 dan 3 Lomba Kuis Pandu Citra Loka Jawa Tengah dalam peringatan hari Pramuka ke-60 tahun 2021; Duta Harmoni 2021, dimana siswa MAN 1 Semarang juga berhasil masuk ke babak final; Kompetisi Krenova Disdikbudpora Kab.Semarang yang juga masuk pada babak 3 besar dengan memanfaatkan kombinasi herbalis sebagai minuman kesehatan serbaguna.

“Mohon doa dan dukungannya karena pada tanggal 5 September mendatang, Tim Robotik dari MAN 1 Semarang akan maju mengikuti kompetisi Racer Robotik tingkat nasional,” katanya.

Usai kegiatan akhirussanah, acara dilanjutkan dengan cap tiga jari sekaligus pembagian ijazah secara simbolis. (shl/Sua)