Semua Madrasah Diniyah Dapat Bantuan Operasinal

Tegal-Kantor Kementerian Agama Kota Tegal menggelar rapat koordinasi dengan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kota Tegal sekaligus Pembinaan Madrasah Diniyah Takmiliyah, Jumat, (20/01). Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Tegal dihadiri oleh pengurus Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) dan Kepala Madrasah Diniyaih se-Kota Tegal.

 Nuril Anwar dalam sambutannya menyampaikan bahwa Madrasah Diniyah se-Kota Tegal tahun ini semuanya akan mendapat Bantuan Operasional (BOP). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,  Bantuan Operasional (BOP) yang diberikan ini bersumber dari DIPA Kantor Kementerian Agama Kota Tegal Tahun anggaran 2017. Adapun jumlah Madrasah Diniyah  yang terdaftar di Kementerian Agama Kota Tegal saat ini berjumlah 66 lembaga, dimana Kankemenag Kota Tegal telah melakukan akreditasi terhadap seluruh Madrasah Diniyah di Kota Tegal, “Pemberian Bantuan Operasional (BOP) bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan madrasah diniyah.” katanya.

Terkait dengan akreditasi Madrash Diniyah,  Nuril Anwar meminta untuk segera dilakukan akreditasi lagi. Menurutnya Madrasah Diniyah harus diakreditasi lagi setelah dilaksanakan akreditasi pada tahun 2013 lalu. Akreditasi tahun ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pendidikan madrasah diniyah.

Kegiatan akreditasi tersebut telah berjalan sejak 2013, dalam hal ini Seksi  Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam sebagai pelaksana teknis. Akreditasi Madrasah Diniyah  menjadi program Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal. Program tersebut dilakukan semata untuk meningkatkan mutu pendidikan madrasah diniyah di Kota Tegal.

Sementara itu menyinggung pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni Madrasah Diniyah (Porsadin) yang digelar tahun ini, Kepala Kantor Kementerian Agama menyampaikan bahwa Kementerian Agama Kota Tegal akan ikut berpartisipasi pada pelaksanaan kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Madrasah Diniyah (Porsadin)  tingkat Kota. Nuril Anwar mengharapkan semua madrasah diniyah bisa berpartisipasi dan semua pihak terkait untuk bisa menyukseskan penyelenggaraan event dua tahunan tersebut.

Persiapan USB PAI

Pada kesempatan terpisah, Kantor Kementerian Agama Kota Tegal menggelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar (USB) PAI SD, SMP, SMA dan SMK Tahun Pelajaran 2016/2017 di Aula Kantor Kementerian Agama, Senin (30/01). Kegiatan tersebut dihadiri Waspendais, MKKS SMP, SMA, SMK, K3S se-Kota Tegal, Ketua MGMP SMP, SMA, SMK, Ketua KKG Kota dan Kecamatan. (im/rf).