Serah Terima Kepala Kanwil Baru

Semarang – Rabu (12/10) bertempat di Aula Lantai II Gedung A Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan serah terima jabatan setelah sebelumnya Farhani resmi dilantik oleh Menteri Agama RI pada Senin (10/10) di Kemenag RI Jakarta bersama 14 pejabat eselon II lainnya. Farhani, menjadi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah setelah melalui Seleksi Terbuka Calon Pimpinan Tinggi Pratama pada Kementerian Agama tahun 2016.

Karir singkat yang dilalui sebelum mendapat amanah sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Ia menjabat sebagai Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banjarnegara, selama hampir 6 tahun. Acara dilaksanakan di Gedung Aula lantai II Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, yang dihadiri oleh Kejaksaan Tinggi, Kepala Kantor Kemenag se-Jawa Tengah, Perwakilan dari Kepala MAN, MTsN dan MIN se-Jawa Tengah, Pejabat Eselon IV di lingkungan Kantor Wilayah.

Paska kepemimpinan Ahmadi yang sekarang menjadi Kepala Biro Kepegawaian Kemenag RI, diteruskan oleh pejabat Pgs. Syaifuddin Zuhri kurang lebih selama 4 bulan, hari ini Farhani resmi melanjutkan estafet kepemimpinan di Kanwil Kemenag Provinsi Jateng, sebagai jabatan promosi yang diembannya. Dalam sambutan serah terima Syaifuddin Zuhri sebagai Pgs, menyatakan ajakan untuk membangun bersama-sama dengan meningkatkan kekuatan dan hilangkan ketegangan paska proses penentuan hasil assesment yang dilakukan oleh pansel Kemenag RI. “Proses seleksi memang setiap calon harus menngikuti seluruh ketentuan, sebab itu merupakan bagian dari bentuk regulasi UU ASN”, ucap Syaifuddin Zuhri.

“Semoga ke depan segala aspek untuk keperluan organisasi diwarnai dengan baik dan membangun, artinya marilah kita tingkatkan segala hal yang baik untuk membuat kokoh organisasi Kemenag,” imbuhnya. Syaifuddin mengucapkan selamat dan sukses kepada Farhani sekaligus mendoakan selalu diberi kekuatan dan mampu mengabdi di Kemenag dengan cara yang baik.

Sementara itu, Farhani selaku pejabat yang baru menyatakan kesiapannya dalam menjalankan tugas dan memohon dukungan kepada semua komponen supaya dalam membawa lembaga Kemenag dapat meneruskan perjuangan yang baik oleh para pendahulu. “Tentunya dengan dukungan semua komponen di Jawa Tengah, kita akan teruskan perjuangan yang telah dirintis oleh para pendahulu sehingga semuanya dapat berjalan lancar,” tutur Farhani.

Prestasi yang diukir oleh Kakanwil sebelumnya, semoga segalanya bisa bertambah baik dan perkembangan di kemenag dapat berjalan sesuai misi dan visinya. “Dan sesuai nilai-nilai keindonesiaan, misi kebangsaan, kenabian, dengan visi profetik kenabian mampu meneruskan kebaikan melalui jabatan yang diamanahkan ke kita,” tegasnya.

Kementerian Agama semakin lama semakin menantang dan bebannya semakin berat, maka Kemenag harus mempunyai keyakinan yang baik sesuai arahan dari amanat kelembagaan, regulasi dan harus dapat merespon dengan tepat, cerdas dan ikhlas, marilah kita mengukir dengan tanpa henti supaya Kemenag lebih dan menjadi baik.

“Pengabdian bagi ASN Kemenag tidak ada batasnya maka jangan memandang posisi, sebab jika berbuat baik hanya melalui jabatan itu pasti ada batasnya, sebab jabatan tidak selamanya kita miliki,” pungkasnya. (ali)