Seru, Puluhan Santri Pati Ikuti Seleksi Kemah Nusantara

PATI – Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pati, Imron membuka secara resmi kegiatan lomba kemah santri nusantara tingkat kabupaten Pati, bertempat di Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an 1 di desa Sukoharjo Wedarijaksa Pati, Senin (2/4/2018).

Kasi PDPontren Kemenag Pati Ruhani menuturkan, kegiatan ini sebagai seleksi tingkat kabupaten. Siang ini puluhan santri dari 11 pesantren akan bertanding di tiga mata lomba.

”Seleksi siang ini ada tiga lomba. Yaitu lomba baris-berbaris, pentas seni santri, dan lomba teknologi tepat guna atau ekspose teknologi santri. Namun, saat kemah santri nusantara nanti, akan ada banyak lomba yang dipertandingkan antar santri ini,” papar Ruhani.

Kepala Kankemenag Kabupaten Pati Imron, dalam sambutan arahannya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tuan rumah atas terselenggaranya seleksi kemah santri nusantara. ”Kegiatan kemah santri nusantara ini belum ada backup anggarannya dari pemerintah. Namun atas komunikasi pesantren yang baik, kegiatan ini bisa terselenggarakan dengan swadaya, ujarnya.

Lanjut Imron, diharapkan di seleksi tingkat kabupaten ini, para peserta bisa memaksimalkan penampilannya. ”Kami berharap di tingkat Jawa Tengah nanti, kontingen Pati dapat meraih juara umum dan tampil di tingkat nasional,” katanya.

Sementara itu, Direktur Yayasan Asam Bungkuk Ponpes Yanbu’ul Qur’an 1 Pati, Ibrohim Wagiman yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan seleksi tingkat kabupaten ini merasa senang dengan aktivitas pramuka yang diikuti santri. Sebab, kegiatan pramuka senada dengan pondok pesantren.

”Ada arah pendidikan karakternya di kegiatan pramuka. Itu sama dengan di pendidikan pondok pesantren,” kata Wagiman di hadapan puluhan santri yang mengikuti upacara pembukaan di masjid sekolah tersebut.

Wagiman juga mengajak para santri untuk lebih maju, berperilaku modern, dan berpikir madani. ”Kesan pondok pesantren kumuh, kolot itu harus ditinggalkan,” tegas Wagiman.

Sementara itu kegiatan lomba-lomba langsung dimulai usai upacara pembukaan, sekitar pukul 10.30. Hujan sempat turun saat lomba dimulai, namun kondisi cuaca itu tak mengendorkan semangat para peserta. Usai lomba PBB, kemudian dilanjutkan dengan lomba pentas seni, dan terakhir lomba teknologi tepat guna menjadi lomba penutup.

Pada akhir lomba di hari yang sama, PP Nurul Falah Tayu Pati dinobatkan sebagai Juara umum 1 pa/pi yang nantinya mewakili Kabupaten Pati pada seleksi tingkat Jawa Tengah. (Athi’/bd)