Siapkan Menuju Revitalisasi KUA Kecamatan Batang Perkuat Jejaring Lokal KUA Dengan Kunjungan Lintas Sektoral

Batang – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menetapkan program revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai salah satu program seratus harinya bertugas memimpin Kemenag sejak dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada akhir 2020 itu. Untuk mendukung hal tersebut Dirjen Bimas Islam Kemenag RI telah menetapkan 100 KUA sebagai piloting program revitalisasi tahun 2021 ini. KUA Kecamatan Batang adalah salah satu KUA yang masuk ke dalam daftar 100 KUA piloting tersebut.  Untuk mensukseskan program nasional ini, Kepala KUA Kecamatan Batang memulai upaya memperkuat jejaring dengan mengadakan kunjungan, salah satunya kepada Camat Batang pada Rabu (19/05). Kunjungan ini  sekaligus Halal Bihalal (HBH) pasca libur Hari Raya Idul Fitri.

Kepala KUA Kecamatan Batang H. Abdullah Najib dalam kesempatan kunjungan ini mengucapkan selamat lebaran kepada Siti Ghoniyah, satu-satunya Camat Perempuan sepanjang sejarah berdirinya kabupaten Batang sejak 1966 itu.

“ Kami, atas nama keluarga besar Kantor Urusan Agama Kecamatan Batang mengucapkan minal Aizin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin, semoga kesalahan-kesalahan yang terjadi diampuni dan setahun kedapan bisa memperbaiki dan meningkat kinerja dalam rangka beribadah kepada Allah SWT,” ucap H. Abdullah Najib.

Selanjutnya dia menyampaikan permohonan kerjasama dan dukungan dari Camat Batang untuk memperkuat jejaring lokal KUA dalam hal secara bersama-sama mensukseskan program-program yang bisa disinergikan.

” Meskipun melalui tusi yang berbeda-beda, sebagai institusi pemerintah baik KUA maupun Kecamatan sama-sama mempunyai tugas untuk melayani dan memberikan kepuasan kepada masyarakat, namun dari tusi yang berbeda itu ada bagian-bagian yang beririsan sehingga bisa kita koordinasikan dan perkuat bersama. Sebagai contoh ke depan, KUA Kecamatan Batang akan memulai program Pusaka Sakinah yang inti dari program tersebut adalah penguatan ketahanan keluarga. Penguatan ketahanan keluarga ini juga bisa disinergikan dengan Forkopimcam, Puskesmas, PLKB, dan Korwil,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Batang, Siti Ghoniyah, menyatakan bahwa KUA juga termasuk keluarga besar ASN di Kecamatan Batang.

“ Kami Keluarga besar Kecamatan Batang mengucapkan selamat lebaran, mohon maaf lahir dan batin,” ucapnya.

Dia menambahkan bahwa pihaknya siap bersinergi dan memperkuat jejaring lokal di wilayah Kecamatan Batang dan siap ikut mendukung program lintas sektoral yang dijalankan oleh KUA.

“ Kami menyadari bahwa tujuan institusi pemerintah itu memang saling terkait, oleh karena itu kami siap bersinergi dan memperkuat jejaring lokal di wilayah Kecamatan Batang dan siap ikut mendukung program lintas sektoral yang dijalankan oleh KUA,” pungkasnya. (Hasanudin / Zy)