Simulasi CBT, MTs N 4 Rembang Menuju UAMBN-BK dan UNBK

Rembang — Sebagai persiapan pelaksanaan UAMBN-BK dan UNBK, MTs N 4 Rembang mengadakan pelatihan atau simulasi try out untuk siswa-siswi kelas IX.

Sebanyak 183 peserta tampak fokus mengikuti kegiatan try out mandiri berbasis Computer Based Test (CBT). Mereka mengikuti instruksi dengan seksama apa saja yang disampaikan oleh pembimbing dalam mengoperasikan komputer.

Kepala MTsN 4 Rembang, Masrum mengungkapkan, program try out mandiri bertujuan memberikan bekal dengan pelatihan sejak dini untuk lebih mengenal dan memahami cara kerja ujian berbasis komputer kelak baik UAMBN-BK maupun UNBK.

Simulasi ini diselenggarakan mulai hari Senin-Kamis, (14-17 Januari 2019) dimulai pukul 07.00 WIB- selesai dan peserta terbagi menjadi 3 sesi.

Sebanyak tiga ruang laboratorium komputer telah disediakan dalam kegiatan try out mandiri. Hal ini dapat dijadikan parameter seberapa siap, madrasah menyongsong ujian berbasis komputer, baik kesiapan perangkat keras maupun perangkat lunak, seperti komputer, server, jaringan internet, daya listrik, proktor, teknisi dan lain-lain.

“Untuk MTs N 4 Rembang, ini merupakan tahun ke -3 dalam menyongsong penyelenggaraan UNBK,” kata Masrum.

Abdul Qodir, teknisi try out mengatakan, pada prinsipnya siswa-siswi telah memiliki android di rumah, sehingga pengoperasian nya hampir sama saat kita menggunakan Hp Android.

Menurut Tata siswa kelas 9, dengan adanya pelatihan ini, setidaknya memberikan gambaran secara garis besar bagaimana menghadapi situasi dan kondisi nanti saat di lapangan atau UNBK. “Semoga kami dapat mengaplikasikan dan mengimplementasikan apa yang kami dapatkan selama ini,” ucapnya.—dwi/iq/bd