Simulasi Kedua ANBK MIM Kauman Wiradesa

Kab. Pekalongann – ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. Kini MIM Kauman sedang berada pada tahap simulasi yang kedua. Berlangsung 2 hari, Kamis s.d Jumat 21 s.d 22 Oktober 2021.

Simulasi ANBK ini berlangsung di ruang Laboratorium TIK milik MI M Kauman yang terletak di lantai 2 gedung B. Jumlah peserta ANBK ada 30 siswa sebagai peserta utama dan 5 siswa sebagai cadangan. Dengan pembagian waktu simulasi hari pertama peserta 15 siswa dan hari ke-2 ada 17 siswa. 3 siswa cadangan lainnya izin tidak berangkat mengikuti simulasi.

Kegiatan simulasi diawali dengan mengisi data peserta. Kemudian dilanjutkan dengam mengisi soal dengan 3 sesi, dengan waktu masing – masing sesi : 60 menit, 75 menit dan 20 menit. 60 menit untuk latihan, 75 menit soal numerasy dan 20 menit surve lingkungan.

Kepala Madrasah MIM Kauman, Djoko Susilo, S.Pd.SD menyatakan, “Dengan adanya Simulasi ANBK, siswa lebih siap mengikuti ANBK yang sebenarnya. Tidak saja pada latihan materinya saja tetapi melatih anak tidak gagap teknologi dan gagal menjawab. Terima kasih kepada TIM ANBK MIM Kauman yang sudah bekerja keras menyiapkan segalanya.” ujarnya. Semoga sukses ANBK MI!. InsyaAllah, Madrasah hebat bermartabat!” (Lia/Ant/bd).