Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun 2017 Madrasah Aliyah Negeri Temanggung

Temanggung – Keseriusan pemerintah untuk mendapatkan hasil nilai murni dari peserta ujian nasional tak tanggung-tanggung, dimana pada tahun 2017 pemerintah mewajibkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer , karena dalam keterangannya Menteri Pendidikan Muhajir pada Rapat Rakor UN 2017, menyatakan bagi sekolah yang tidak memiliki komputer bisa menumpang Ujian Nasional Berbasis Komputer pada sekolah yang memiliki komputer, tentunya dengan berbagai konsekuensi.

Menjelang pelaksanaan ujian nasional yang semakin dekat, madrasah dan siswa mulai disibukkan dengan kegiatan dalam rangka persiapan pelaksanaan ujian, terlebih dengan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Menurut Kepala MAN Ali Masyhar,  Ujian Nasional Berbasis Komputer disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer saat ini menggunakan system semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Madrasah Aliyah Negeri Temanggung,  mengikuti simulasi Ujian Nasional Computer Based Test (UNCBT) atau lebih dikenal sebagai Ujian Nasional Berbasis Komputer  tahun 2017.

Sebagai bukti kesiapan itu bertempat di ruang Lab Komputer MAN Temanggung pada Senin dan Selasa  (13-14/3) sebanyak 340 siswa kelas XII MAN Temanggung mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer. “Kami pun mempersiapkan segala sesuatunya, selain ketersediaan sarana prasarana juga ikut melaksanaan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer tingkat SMA/MA 2017,” jelasnya.

Panitia dalam mempersiapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer melaksanakan sosialisasi tata cara pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Diawali dari pemberian kartu peserta simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer kepada para siswa kelas XII yang berisi user name dan Password, cara login, submit, memilih dan meralat jawaban, mem play audio listening, sampai cara mengakhiri tes dan logout.(sr/Af)