Siswa MA NU Lasem Ciptakan Sandal Unik dari Batik Lasem

Rembang – Kota Lasem yang terkenal dengan kota Batik memunculkan sejuta ide bagi masyarakatnya. Termasuk peserta didik MA NU Lasem terletak di sebelah utara kota Lasem. Para siswa-siswi ini menciptakan kreativitas membuat sandal unik dari kain perca batik.

Kepala MANU Lasem, Saidah mengatakan, ide pembuatan kerajinan tangan ini berawal dari banyaknya pengrajin batik Lasem yang membuat baju dan menyisakan kain batik perca yang tidak terpakai.

Berkat ide dari peserta didik, kain perca ini dimanfaatkan menjadi sebuah kerajinan unik, yaitu sandal batik Lasem. “Keinginan kuat siswa untuk mengembangkan produk kerajinan berbasis budaya lokal, melatarbelakangi siswa-siswi untuk menginisiasi MA NU Lasem membuat kreasi unik sandal dari batik Lasem,” kata Saidah ketika diwawancara Sabtu (11/2/2019).

Saidah sangat mengapresiasi kegiatan siswa. Kepada para siswa, ia berpesan, sebagai generasi milenial, siswa dapat lebih meningkatkan produktivitas dan kreativitas. “Dengan adanya kerajinan tangan ini, siswa menunjukkan kreativitas dengan mampu mengolah barang yang tidak berguna menjadi barang yang berguna,” kata Saidah.

Guru Kewirausahaan, Nining Setianti mengatakan, pihaknya memfasilitasi minat dan bakat siswa-siswi. Kerajianan ini dikerjakan siswa kelas X secara kelompok. Ia berharap, kerajinan ini akan bisa dikembangkan menjadi komoditi yang bernilai ekonomis.

“Batik Lasem merupakan warisan budaya yang sudah terkenal di dunia internasional. Karenanya, sandal Batik Lasem ini semoga bisa dikembangkan dan diperkenalkan kepada masyarakat luas, sehingga menjadi pilihan konsumsi mereka,” kata Nining.

Khabibatus Sintiya Wulandari, siswi kelas X yang turut serta mengerjakan kerajinan ini mengaku senang. Ia dan teman-temannya mendapatkan pengalaman yang baru dibidang ketrampilan, yaitu membuat kerajinan sandal dari kain perca batik lasem.

Untuk membuat sandal Batik Lasem ini tidaklah sulit. Alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain kain batik, spons, benang, jarum, kertas karton, penggaris, lem, gunting. Langkah-langkah pembuatannya yaitu, pertama buat pola menggunakan kertas karton sesuai dengan ukuran yang kita inginkan, lapisi alas dengan spons, siapkan kain batik atau perca dan letakkan di atas pola, gunting dan rapikan.

“Kemudian lebihkan kain yang dipotong 2-3 cm untuk lipatan. Pasang tali pada sandal lalu dilem dengan rapi, langkah terakhir jahit dengan benang nilon, bisa dijahit tangan atau menggunakan mesin,” jelas Sintiya. – dwi-iq/wul