Siswa Mambaul Ulum Diedukasi Tentang Alam

Rembang–Guna  menambah wawasan para siswa tentang indahnya alam georafis Indonesia, sebanyak 22 siswa-siswi kelas XI IPA dan 24 siswa-siswi kelas XI IPS ditambah 9 guru pendamping MA Mambaul Ulum Sumber mengadakan kegiatan study tour dengan konsep wisata alam. 

Pelaksanaan wisata alam sendiri yaitu tanggal 26-27 september 2018 dan berlangsung di kota istimewa Yogyakarta. Adapun lokasi yang dituju adalah tiga obyek wisata, yaitu  Pantai Indrayanti, Goa Pindul dan Candi Prambanan.

Perjalanan rombongan MA Mambaul Ulum Sumber berangkat pada Rabu (26/9/2018) pukul 22.00 WIB dan sampai dilokasi pada Kamis (27/9/2018) pukul 05.00 WIB. Setibanya di lokasi obyek wisata, para siswa dan guru pendamping langsung menikmati indahnya panorama alam Pantai Indrayanti. Siswa-siswi sangat antusias dan gembira dengan kegiatan wisata alam ini.

Salah satu guru pembimbing Ahmad Najib mengatakan, kegiatan studi tour ini bertujuan untuk mengenalkan siswa kepada alam sebagai implementasi mata pelajaran di kelas. “Para  siswa dapat mengetahui pantai yang ada di Indonesia, tak hanya di Pantura, namun juga di pantai selatan.d Sehingga mereka bisa membedakan antara suasana dan karakteristik pantai Utara dan pantai selatan,” kata Najib.

Selain itu, siswa juga dikenalkan  dengan salah satu tempat bersejarah di  Indonesia, yaitu Candi Prambanan. “”Candi ini merupakan salah satu situs yang tertua yang menunjukkan kondisi Nusantara di masa lampau,' lanjut nya.

Sementara, kesan yang dirasakan siswa dan pendamping selama perjalanan, “ melalui wisata alam ini siswa dapat memperkaya informasi faktual tentang alam, sebagai refreshing, relaksasi siswa dan guru setelah rutinitas belajar mengajar setiap hari. “Semoga setelah kegiatan ini siswa bertambah semangat dalam belajar dikelas,”  ucap Najib menirukan seruan salah satu siswa.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan antara guru dan murid. Kegiatan wisata alam ini berjalan dengan baik serta lancar dan semua rombongan keluarga besar MA Mambaul Ulum kembali ke rumah dengan menyimpan sejuta kenangan masing-masing pasca wisata.–dwi/iq/bd