Siswa MAN 1 Surakarta Berlaga di Kompetisi Robotik Nasional

Surakarta – Dalam rangka menambah pengalaman serta ilmu seputar robotik, siswa MAN 1 Surakarta turut ambil bagian dalam gelaran Kontes Robotic Nasional yang dilaksanakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Banten, Selasa – Jum’at ( 21 – 24/11).

Dalam kesempatan ini MAN 1 Surakarta mengirimkan 1 tim yang terdiri dari Syaifullah Yusuf Ramadhan dan Fatih Abdullah, siswa kelas 12 IPA 1 Boarding School MAN 1 Surakarta dengan guru pendamping Purwantoro Eko, yang kesehariaanya selaku guru fisika.

Menurut penanggungjawab Boarding School, Wardimin, ada dua cabang lomba yang dipertandingkan yaitu rancang bangun robot dan lomba robot mobile.

“Tim robotik MAN 1 ambil bagian dalam cabang rancang bangun robot. Untuk persiapan lomba, kami menggandeng pihak Robotal Surakarta untuk membimbing persiapan siswa. Selama satu minggu siswa digembleng secara intensif oleh tim Robotal,” kata Wardimin.

Seperti diketahui, Kontes Robotic Nasional merupakan salah satu agenda kegiatan dalam International Islamic Education Expo yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama dan diikuti oleh lembaga-lembaga pendidikan dibawah Kementerian Agama. Tema kegiatan tahun ini adalah “Pendidikan Islam Indonesia untuk Perdamaian Dunia”.

“Selain Kontes Robotic, kegiatan yang lain adalah seminar internasional, expose karya guru-guru PAI, Apresiasi Pendidikan Islam dan masih banyak yang lain,” paparnya.

Keikutsertaan siswa MAN 1 Surakarta dalam gelaran Kontes Robotic merupakan kebanggan tersendiri karena mereka terpilih setelah melalui proses seleksi yang ketat dari seluruh Indonesia.

Menurut pelaksana tugas Kepala MAN 1 Surakarta, Slamet Budiono, pencapaian ini patut disyukuri bersama.

“Hal ini sebagai upaya untuk mengangkat nama MAN 1 dikancah nasional sekaligus menjadi sarana untuk aktualisasi madrasah. Semoga nama MAN 1 bisa terus berkibar di kancah nasional,” kata Budiono. (rma/wul)