Siswa MAN Blora Digembeleng melalui Matsama

Blora  – Seluruh civitas akademika Madrasah Aliyah Negeri Blora, mulai  senin (16/7) sampai jumat(20/7) khususnya kelas X telah  mengikuti Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) tahun pelajaran 2018/2019 yang dilakukan dengan penuh antusias.

Sebelum kegiatan Matsama dimulai, seluruh siswa wajib mengikuti apel pengarahan kepala madrasah Drs. H. Amiruddin Aziz, M.Pd yang dilaksanakan di lapangan madrasah dan diikuti dengan tertib dan lancar.

Diawal Apel pembukaan Matsama kemarin, Amirudin Aziz sempat menyapa siswa tiap kelas secara bergantian dan dalam sambutanya menyampaikan ucapan maaf memaafkan diantara seluruh peserta upacara.

Selain itu, pihaknya menyeruhkan kepada seluruh siswa agar meningkatkan prestasi yang lebih baik dari sebelumnya.” Saya minta kalian harus mau belajar untuk lebih baik dalam meningkatkan prestasi, siapa menanam pasti bisa memanen, usaha kerja keras tidak akan sia sia,”. Ucap Aziz memberi semangat.

Azis juga menandaskan  bahwa masa ta’aruf siswa madrasah kelas X yang akan berlangsung selama seminggu ini diharapkan untuk saling mengenal antar peserta didik baru, lingkungan sekolah baru, guru dan hal lain yang terkait dengan Madrasah.

Selama MATSAMA, siswa kelas X ini diwajibkan memakai seragam dari sekolah asal dan mengenakan atribut yang telah ditentukan oleh panitia Matsama, dan bagi siswa baru ini, mereka ditempatkan di kelas sementara yang diberi istilah dengan nama-nama penemu-penemu Ilmu Pengetahuan di masa Rasulullah. Setelah kegiatan berakhir, mereka baru menempati kelas berdasarkan peminatan masing-masing.

Adapun serangkaian acara pada Masa Ta’aruf Siswa Madrasah ini meliputi upacara pembukaan, pemberian materi yang salah satunya terdapat materi mengenai wawasan kemadrasahan dan implementasi PAI di madrasah, ketertiban berlalu lintas yang diisi oleh Polsek Kaliwungu Blora dan pembuatan produk inovatif, pembentukan koreografi MATSAMA, senam aerobik yang dipandu oleh panitia MATSAMA di lapangan MANBlora, pemberian materi, explore ekstrakurikuler, dan penutupan di auditorium. Untuk menambah keseruan, bagi siswa kelas X yang telah terbagi menjadi 11 kelompok, diwajibkan untuk membuat yel-yel. Tak hanya itu, terdapat pula kuis berhadiah dari pemateri.

Dalam kesempatan terpisah, Waka kesiswaan Fandholin, M.Pd, menyampaikan tujuan diadakan Matsama adalah untuk mengenali potensi diri siswa baru dan lingkungan madrasah untuk mendorong siswa bersikap proaktif dalam mengenali seluruh civitas, sehingga kedepanya diharapkan dapat berkarya dan berprestasi akademik dan non akademik. Diharapkan pula dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan prilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja dan semangat gotong royong serta berkarakter.

“Semoga kegiatn MATSAMA ini dapat memberikan motivasi, menambah keakraban siswa antar-peminatan, serta dapat menambah pengalaman bagi siswa kelas X. Harapan ke depannya semoga dapat memberikan prestasi yang membanggakan”ungkapnya. (umi-ima/bd)