Siswa MI Banyumas Wakili Jateng Ikuti MTQ Nasional

Banyumas – Keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Banyumas merasa bangga karena salah satu siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 1 Kaliwedi Kecamatan Kebasen bernama Arju Naaji mewakili Provinsi Jawa Tengah pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXVII tahun 2018 yang dipusatkan di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 4 hingga 13 Oktober 2018.

Arju panggilan akrabnya, sebagai qari terbaik golongan anak tingkat Jawa Tengah dan telah maju ke tingkat nasional. Sebelumnya, qari cilik ini telah melalui pembinaan intensif yang dilakukan mulai dari internal madrasah sampai ke tingkat provinsi. Kepala MI Ma’arif NU 1 Kaliwedi, Ahmad Mualif mengatakan materi pembinaan diberikan melalui pemusatan latihan dan karantina di bawah bimbingan pelatih dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Provinsi Jawa Tengah.

Mualif menyampaikan upaya latihan di madrasah telah dimaksimalkan di bawah bimbingan pelatih secara intensif. “Persiapan mental dan fisik juga dilakukan untuk menjaga stamina dan performa agar Arju tetap sehat, konsentrasi dan fokus pada perlombaan,” katanya saat ditemui redaksi, Senin (8/10). Arju mendapat arahan dari Ustadz Ali Masngud selaku pelatih untuk memperkaya dalam tilawah. “Termasuk dukungan dan pendampingan dari orang tua yang menambah percaya diri Arju. Dengan bekal persiapan yang matang semoga dapat meraih yang terbaik,” tambah Muallif.

Orang tua Arju, Soniyah, yang mendampingi secara langsung di area MTQ mengatakan anaknya memang dari kelas dua madrasah sudah punya bakat dan minat di tilawah. Untuk menuju tingkat nasional, tahapan demi tahapan dalam latihan telah dilakukan maksimal. Arju telah tampil dengan membacakan Surat Al-An’am ayat 11 sampai 16. “Mohon dukungan dan doa dari semuanya, agar dia dapat menampilkan yang terbaik dan sukses,” harap perempuan yang juga alumnus Pondok Pesantren Sirau Kemranjen.

Soniyah menambahkan pengalaman membanggakan ini merupakan hasil jerih payah usaha dan kiprah prestasi dari bawah. Ketercapaian ini suatu keberkahan tersendiri dari mempelajari dan memuliakan al-Qur’an. Sebagai orang tua dirinya sangat bangga dan senang atas prestasi ini. Semua usaha dan doa dari orang-orang terdekat sangat dibutuhkan. “Prestasi ini telah membanggakan orang tua, guru, teman dan madrasah,” terangnya.

Ditempat lain Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas Drs. H. Imam Hidayat, M.Pd.I  saat di konfirmasi terkait keikutsertaan Arju Naji, memberikan apresiasi dan dukungan setinggi tingginya dan berharap Arju Naji diusianya yang masih sangat belia mampu menjaga perfoma baiknya dan tentunya semoga dapat meraih prestasi tingkat nasional dan mampu menembus prestasi internasional.

Lebih lanjut Kasi Pendidikan Madrasah Kabupaten Banyumas H. Ibnu Asaddudin, S.Ag, M.Pd.  berharap prestasi Arju ini dapat menginpirasi siswa madrasah lainnya untuk dapat mengikuti jejak Arju, pembinaan sedini mungkin peserta didik di Madrasah secara terus menerus atas berbagai kejuaraan, olimpide, musabaqah dan lomba lomba lain pasti dapat memunculkan prestasi membanggakan lainnya. (mjb/ak/bd)