Siswa MIN Jetis Melaju KSM dan OSN Tingkat Nasional

SUKOHARJO – Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Jetis, Juan Tegar Agusta, berhasil menjadi yang terbaik dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang diselenggarakan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah pada Selasa-Rabu (23-24/5) bertempat di Madrasah Aliayah Negeri (MAN) 1 Magelang.

Juan Tegar Agusta berhasil meraih yang terbaik setelah mampu menyelesaikan soal yang diberikan. Pada KSM tersebut setiap peserta harus menyelesaikan 40 soal IPA dan 100 soal Agama. Soal IPA terdiri dari 30 jenis pilihan ganda dan 10 jenis isian yang harus diselesaikan dalam waktu 120 menit, sedangkan soal Agama hanya berbentuk pilihan ganda dengan waktu mengerjakan 90 menit.

KSM tingkat provinsi diikuti oleh 35 peserta di setiap bidang yang merupakan perwakilan dari setiap kabupaten / kota di Jawa Tengah. Kompetisi tersebut merupakan ajang lanjutan dari kompetisi serupa tingkat kabupaten yang telah digelar sebelumnya. Juara pertama KSM tingkat provinsi akan maju di tingkat nasional yang rencananya akan digelar 2-6 Juli 2017 di Yogyakarta.

Perlu diketahui juga bahwa Juan Tegar Agusta juga berhasil maju ke Tingkat Nasional pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD/MI bidang IPA yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setelah pada proses seleksi tingkat provinsi berhasil dalam kategori passing grade 20 besar terbaik seluruh Indonesia. Pada passing grade tersebut, Juan menduduki peringkat 3 sehingga berhak maju ke tingkat nasional yang akan digelar pada 7-12 Agustus 2017 bertempat di Pekanbaru, Riau.

Kepala MIN Jetis, Danuri, mengungkapkan kegembiraannya atas prestasi yang telah diraih peserta didiknya tersebut. Danuri berencana akan menggandeng pihak terkait untuk melakukan pembinaan supaya di tingkat nasional bisa menjadi yang terbaik.

“Tahun sebelumnya siswa MIN Jetis berhasil membawa pulang medali emas untuk bidang IPA di tingkat nasional. Tahun ini madrasah akan berusaha untuk membantu Juan meraih medali emas baik pada KSM maupun OSN di tingkat nasional,” kata Danuri ketika dihubungi.

Lebih lanjut Danuri mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pembina MIN Jetis yang selalu melakukan pembinaan dan pendampingan selama kompetisi baik di tingkat kabupaten maupun provinsi.

“Kami akan melakukan koordinasi dengan pembina MIN Jetis untuk mempersiapkan kompetisi di tingkat nasional termasuk menentukan jadwal pembinaan selama bulan ramadhan. Saya yakin pembina dan siswa mempunyai semangat yang tinggi untuk mencapai prestasi di tingkat nasional nanti,” ujar Danuri.(pry/Wul)