Kemenag Pati Sinergikan Fungsi Ketua Yayasan Dan Kepala Madrasah

KKMTsN 1 Pati mengadakan rapat koordinasi serta pembinaan Ketua Yayasan dan Kepala Madrasah Tsanawiyah se KKMTsN 1 Pati oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Pati, di ruang rapat MTsN 1 Pati, Senin (26/03).

Rapat yang dikemas dalam pertemuan yang bertujuan sebagai wadah silaturahim koordinasi dengan yayasan agar tujuan visi misi Kemenag sejalan dengan visi misi yayasan. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati Imron, saat menyampaikan sambuatan pembinaannya dihadapan Kepala MTsN 1 Pati, Pengawas Pendidikan Agama Islam, Ketua Yayasan dan Kepala Madrasah di wilayah KKMTsN 1 Pati.

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati Imron, tujuan musyawarah ini dalam rangka sebagai mediasi yang terjadi secara internal dalam Yayasan ini yang menyangkut mengenai tenaga pengajar atau guru-guru yang ada disana karena ini merupakan bagian dari tanggung jawab dari salah satu fungsi yang membinai bidang Pendidikan Madrasah baik Tingkat Negeri maupun Swasta.

Dia menambahkan bahwa dalam kepemimpinan kita jangan sampai menggunakan keegoisan kita dalam menjalankan tugas dan fungsinya dan lebih menggunakan musyawarah apabila timbul permasalahan kita serta dalam mengangkat seorang Kepala Sekolah ataupun Kepala Madrasah tertentu harus mengetahui regulasinya terlebih dahulu jangan sampai kita melanggar ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Iapun berharap kepada Ketua Yayasan di lingkup KKMTsN 1 Pati harus lebih bijaksana dalam mengatasi permasalahan yang ada serta gunakan musyawarah dalam berbagai hal serta harus mengatahui regulasi yang terbaru yang beredar saat ini mengenai kegiatan kita yang berkaitan dengan yayasan tersebut serta kepada Guru ataupun Tenaga Pengajar diharapkan dapat melaksanakan tugas dan proses belajar mengajar dengan baik serta mematuhi segala peraturan perundang-undangan yang berlaku, tandasnya.

Imron berharap antara Pengurus dan Guru harus saling berkesinambungan dan saling bekerja sama pada Yayasan ini untuk meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik lagi dan menumbuhkan rasa kekeluargaan serta persaudaran serta ciptakanlah rasa nyaman, tenang, damai, dan rasa kondusif dalam lingkungan kerja kita sehingga semuanya akan dapat berjalan dengan baik pada yayasan ini, pintanya.

Sementara itu, Kepala MTsN 1 Pati yg merupakan Ketua KKMTsN 1 Pati Ali Musyafak, berharap adanya kegiatan bersama seperti ini bisa mendongkrak prestasi Madrasah Tsanawiyah dalam segala bidang, tidak hanya prestasi akademik tetapi prestasi Akhlakul Karimah anak didik dan guru, sehingga madrasah akan menjadi hebat bermartabat dan barokah manfaat bg masyarakat luas, harapnya.

Yayasan punya kedudukan yang sangat strategis di dunia pendidikan sesuai UU no 16/2001, begitu juga dengan perlindungan terhadap keberadaan guru yang diatur dalam PMA 58/2017 tentang kepala madrasah, paparnya.

Semoga kita bs mengambil inspirasi liilalikalimatillah dalam dunia pendidikan, kita bisa jadi anfauhun linnas, Sebuah inovasi, mempertahankan hal yang kemarin yang masih sesuai dengan jamannya dan membuat sesuatu yang lebih baik, pungkas Syafak. (As/Athi’/bd)