Siswa MIN Karangpoh Diberi Imunisasi MR

Pemalang – Pemerintah saat ini sedang gencar menginformasikan kepada masyarakat akan adanya program imunisasi campak dan rubella. Publikasi melalui media elektronik, media cetak, dan lainnya telah dilakukan untuk suksesnya program ini.

Sebagai upaya mengindahkan program di bidang kesehatan ini, tepat pada hari Selasa (22/8) seluruh peserta didik MIN Karangpoh mendapatkan program pemberian imunisasi MR (Measles Rubella). Vaksin imunisasi ini diberikan kepada seluruh siswa kelas 1 sampai dengan  kelas 6 yang berjumlah 261 anak.

Hadir petugas dari Puskesmas Kecamatan Pulosari, Sami Asih dan Purwaningsih. Sebelum imunisasi petugas memberi penjelasan tentang pentingnya kesehatan berupa pencegahan terjangkitnya penyakit campak dan rubella melalui pemberian vaksin MR.

“Sesungguhnya anak usia di bawah 15 tahun sangat rentan terhadap penyakit campak dan rubella. Belum ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini bisa dicegah. Imunisasi dengan vaksi MR adalah pencegahan terbaik untuk kedua penyakit ini, oleh karenanya seluruh siswa  perlu diberi vaksin MR,” papar Sami Asih.

Lebih lanjut Kepala MIN Karangpoh, Ahmad Hisyam berpesan kepada anak didiknya bahwa pemberian vaksin ini sangat penting karena sesungguhnya mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Dari seluruh anak yang diberi imunisasi ada beberapa anak yang tidak diberi karena kondisi anak kurang sehat, namun bisa disusulkan di lain hari jika sudah sembuh.

Pemberian imunisasi MR dilaksanakan selama bulan Agustus dan September. Pada bulan Agustus imunisasi MR dilaksanakan di sekolah. Sedangkan pada bulan September imunisasi MR dilaksankan di Posyandu, Puskesmas, dan sarana pelayanan kesehatan lainnya. (sud/fi/rf)