Siswa MTsN 3 Pati Ngangsu Kaweruh Pak Modin

Pati – Sebagai penerapan mata pelajaran Fiqih, Pembekalan ketrampilan keagamaan dilakukan oleh para Kaur Kesra (Modin) di lingkungan MTsN 3 Pati diantaranya Modin Desa Wonosekar, Modin desa Kedung Bulus, Modin desa Semirejo, dan selalu bergantian setiap menjelang tagihan khusus akhir satuan pendidikan atau akhir tahun pelajaran. Demikian disampaikan Kepala MTs Negeri 3 Pati Teguh Santoso, pada acara pembekalan dimaksud, bertempat di musholla madrasah setempat, Selasa (20/03/2018).

Tagihan ketrampilan keagamaan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat terus digalakkan diantaranya ngupokoro jenazah, ujar Teguh.

Sudah menjadi program berkelanjutan bahwa siswa MTs Negeri 3 Pati harus siap bermasyarakat, dalam setiap kegiatan keagamaan, tegasnya.

Melalui ketrampilan yang diberikan oleh kaur kesra (Modin), anak menjadi lebih semangat karena materi terkait dengan hal tersebut langsung bisa dipraktekkan., Materi pembekalan melalui kerjasama dengan pemerintah desa diharapkan mampu menjalin hubungan yang erat dengan masyarakat desa sekitar, harapnya.

Sekalipun berada di daerah pinggiran yang diapit oleh puluhan MTs atau SMP N yang favorit tetapi MTsN 3 Pati tetap tak tergoyahkan, Dengan berbekal kedisiplinan yang ditanamkan oleh pimpinan Madrasah bersama guru dan karyawan justru semakin menambah nilai tawar di masyarakat, paparnya.

Semangat masyarakat tampak dalam keseharian selalu ramai mengantar anak–anak mulai pukul 06.00 karena pukul 06.25 siswa harus sudah berada di Mushola sehingga hampir setiap hari tidak ada siswa yang terlambat, jelasnya.

Untuk melakukan program pembiasaan tersebut, hampir setiap desa di sekitar lokasi MTsN 3 Pati, yaitu wilayah kecamatan gembong Pati dan sekitarnya bisa menjadi patner, katanya.

Dengan harapan “Madrasah lebih baik dan lebih baik madrasah” mengantarkan generasi sholeh sholehah berwawasan IPTEK dan bernalar ilmiah” akan menjadi kenyataan, pungkas Teguh. (Ts/Athi’/BD)