Siswa MTsN Sumbang disiplin Sholat Dhuha

Sumbang- Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang (MTsN) Sumbang Kepala MTsN Subang Akhmad Tauhid, selalu menganjurkan pada Siswa Siswinya untuk selalu mengerjakan slolat dluha, di masjid madrasah setempat sebelum memulai kegiatan belajar, untuk mengawali kegiatan siswa-siswi dianjurkan untuk dhikir memohon pada Allah untuk memudahkan dalam menerima ilmu dan mengharap ridlo Nya. (9/2)

Demikianlah suasana MTs Negeri Sumbang setiap pagi hari. Sekolah memang membiasakan siswanya sholat Dhuha tiap hari. Mereka diajak memanfaatkan waktu pagi untuk sholat Dhuha minimal dua rakaat sebelum memulai aktifitas pembelajaran. Dari kegiatan sholat dhuha ini setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa siswa-siswi dapatkan: pertama, Mengharapkan Ridlo dari Allah, kedua, 2. Kedisiplinan serta, ketiga,  3.mempersiapkan diri untuk mengali ilmu yang di ridhoi Allah,  ucapnya solah.

Dalam dunia pendidikan dikenal dengan istilah learning readiness. Para pakar pendidikan sepakat jika sebelum dimulai pembelajaran, siswa perlu disiapkan fisik dan mental (pikiran dan hati) mereka sebelum menerima pelajaran yang akan diberikan. Dari teori ini kemudian muncullah bermacam-macam cara yang digunakan untuk memastikan kesiapan siswa sebelum belajar. Ada sekolah yang mewajibkan apel dan berbaris rapi sebelum masuk kelas, ada yang memutarkan lagu penyemangat, ada juga yang mengkampanyekan gerakan sarapan pagi. Imbuhnya.

Kegiatan Sholat dhuha yang dilakukan secara bersama-sama memungkinkan siswa untuk saling beerinteraksi satu dengan lainya. Moment seperti ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan sosial siswa. mereka akan terbiasa melakukan hal baik (sholat) bersama yang pada akhirnya mendorong mereka untuk manjadi akrab dan rukun dalam ukhuwah islamiah.(mts sb/bd)