Zoom Meeting Dengan Mahasiswa PPL di Kankemenag Kab.Semarang

Terapkan WFH, Kankemenag Kab. Semarang Terima PPL Mahasiswa Secara Online

Ungaran – Dalam rangka memaksimalkan pendampinan serta pengenalan instansi Kementerian Agama kepada mahasiswa (Praktik Pengalaman Lapangan) PPL dari Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora IAIN Salatiga, Jum’at (27/8) sore, Kankemenag Kab.Semarang menggelar bincang santai seputar tugas dan wewenang instansi Kementerian Agama via zoom meeting.

Menghadirkan Kasubbag Tata Usaha Kankemenag Kab. Semarang, Zulkifli sebagai narasumber, kegiatan diikuti oleh 12 peserta PPL dari jurusan Ilmu Alqur’an dan Tafsir serta jurusan Aqidah Filsafat Islam.

Dalam paparannya, Zulkifli menyampaikan bahwa program PPL sendiri merupakan bentuk hubungan kerjasama dan kemitraan yang harmonis antara Kankemenag Kab.Semarang sebagai institusi tempat praktik mahasiswa dengan pihak perguruan tinggi selaku institusi pendidikan pelaksana program PPL. Karenanya, diperlukan sinergi yang kuat agar PPL tahun ini bisa berjalan sebagaimana yang direncanakan, meski dilaksanakan di tengah pandemi covid-19 seperti sekarang.

“Karena saat ini kantor juga masih menerapkan WFH, maka mau tidak mau, suka tidak suka, praktik pengalaman lapangan yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka, saat ini baru bisa dilaksanakan secara daring. Akan ada pola-pola yang berbeda dari yang kami terapkan sebelumnya, namun hal tersebut semata untuk memudahkan para mahasiswa dalam memaksimalkan bakat dan kemampuan di bidang IT,” kata Zulkifli.

Secara terstruktur, Zulkifli mulai mengenalkan instansi Kementerian Agama Kabupten Semarang mulai dari visi misi lembaga, struktur organisasi, pembagian tupoksi masing-masing seksi/penyelenggara serta tak kalah penting program zona Integritas (ZI) yang saat ini sedang digalakkan dalam rangka pilot project tahun 2022.

“Intinya memang semua mahasiswa PPL harus bisa kooperatif dan mengkomunikasikan semua hal pada pembimbing lapangan, agar tidak mengalami kendala dan kesulitan dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Semoga semua penugasan bisa dikerjakan secara maksimal dan secara keseluruhan, pelaksanaan PPL berjalan lancar hingga dua pekan ke depan,” pungkasnya.(shl/Sua)