Siswa-Siswi Madrasah Mathalibul Huda Juarai Olimpiade Matematika tingkat Nasional

Jepara – Prestasi yang luar biasa dan menggembirakan kembali ditorehkan oleh siswa-siswi madrasah. Mereka adalah Anisa Hayati (siswi kelas IX E MTs Mathalibul Huda Mlonggo), Dewi Aisyah, M. Arinal Haq, dan Pakeh Silasah Haryanto (siswa kelas X dan XI MA Mathalibul Huda Mlonggo). Keempat siswa tersebut meraih medali perunggu perorangan pada ajang Olimpiade Kompetisi Matematika Nalari Realistik (KMNR) Tingkat Nasional Ke-11 di Institut Pertanian Bogor (IPB), Sabtu (16/04) beberapa waktu yang lalu.

Ajang Olimpiade KMNR 11 ini diselenggarakan oleh KPM (Klinik Pendidikan Matematika) yang biasa menangani OSN maupun olimpiade tingkat International. Pada KMNR 2016 ini terbagi menjadi 3 babak yaitu babak penyisihan, semi final dan final.

Siswa-siswi MTs dan MA Mathalibul Mlonggo Jepara ini setidaknya menyisihkan 15.000 peserta dari seluruh Indonesia. Dengan keberhasilan ini anak-anak memiliki peluang untuk mengikuti kompetisi tingkat international di Thailand tanggal 20 – 24 juli 2016 dan International Mathematics Contes (IMC) di Singapura tanggal 29 Juli – 1 Agustus 2016. “Keberhasilan yang luar biasa ini adalah hasil kerja keras team yang solid, serta kemauan dan semangat anak dalam belajar,“ ungkap Nanang Aries selaku Pembina Olimpiade Matematika.

Zainuddin kepala MTs Mathalibul Huda berpesan bahwa untuk meraih prestasi yang luar biasa ini, selain anak belajar dengan rajin, pembinaan yang rutin, juga harus mempunyai nilai ibadah yang plus. “Kalau ingin berhasil dan juara jangan hanya mengandalkan akal tapi ibadah pendekatan diri kepada Dzat Pemilik akal harus rutin dan selalu ditingkatkan,” pesan Zainuddin.

Sugiwanto Kepala MA Mathalibul Huda juga menyampaikan pesan kepada anak didiknya, “Suatu keberhasilan dalam sebuah prestasi harus disertai proses yang sangat panjang dan matang, kami sangat bersyukur sekali atas pencapaian kali ini, selain prestasi ini bulan kemarin siswa kami juga lolos OSN ke tingkat Provinsi untuk mata pelajaran Astronomi.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Jepara, Muhdi memberikan ucapan Selamat kepada kepala MTs dan MA Mathalibul Huda Mlonggo yang telah mampu menghantarkan anak didiknya menjadi juara olimpiade di tingkat nasional. “Kami bangga dan mengapresiasi yang tinggi, semoga dengan prestasi ini bagi yang masih memandang madrasah sebelah mata, akan sadar bahwa madrasah mampu bersaing dan terbukti MADRASAH LEBIH BAIK, LEBIH BAIK MADRASAH. Anak-anak harus selalu diberi motivasi agar terus belajar dan meningkatkan prestasinya sehingga diharapkan mereka bisa mengikuti olimpiade di tingkat Internasional,” kata Muhdi (Asyiq/gt).