SMARTSMOFI MAN Cilacap Ikuti Ajang Lomba Peneliti Muda Ke Jepang

Cilacap – Bulan Ramadhan ini menjadi berkah bagi Madrasah Aliyah Negeri Cilacap karena dua siswanya, Dhiny Avilya dan Husain Masyhudul Haq mengikuti International Exhibition For Young Inventers di Nagoya, Jepang bersama delapan sekolah lainnya dari Indonesia, antara lain SMA Sampurna Akademi Jakarta, SMKN 54 Jakarta, SMKN 2 Cimahi Bandung, SDIT Bina Amal Semarang, SMA Negeri 2 Yogyakarta, SMAN Balimandra Bali, SMAN 6 Yogyakarta dan SMA Al-Irsyad Purwokerto, Banyumas.

Kesepuluh sekolah tersebut MAN Cilacap adalah satu-satunya yang berasal dari madrasah. Mereka terpilih berdasarkan hasil lomba pada ajang Nasional Young Inventers Award yang diselenggarakan oleh LIPI pada tanggal 26-29 September 2016.

Lomba penelitian ini diikuti oleh peserta dunia yang akan dilangsungkan pada 25- 31 Juli 2017 di Nagoya jepang.

Menurut pembimbing KIR MAN Cilacap, Ely Widoyo Retno ditemiui ditempat kerjanya 20/6 bahwa, kegiatan ini rangkaiannya dengan memamerkan karya hasil peneiltian dan kemudian dilakukan penilaian oleh juri. Seperti yang kita ketahui bawa Husain dan Dhiny telah bedrhasil menciptakan alat untuk menyaring udara yang berpolusi yang disebut dengan SMARTSMOFI (Smart Smoke Filter/ Alat cerdas penyaring udara kotor). Alat ini teridiri dari dua bagian yaitu alat inti dan alat pendukung. Alat pendukung terdiri dari sensor yang dilengkapi rangkaian program mikro kontrol  dan alat penyedot udara (vacum).

Sedang alat intinya terdiri dari air disinergikan dengan karbon aktif. Cara kerjanya sensor akan membaca udara di ruangan, jika udara di ruangan melebihi dari 300 ppm maka, sensor akan mendeteksinya dan alaram akan berbunyi dan vacum akan bekerja secara otomatis mendorong udara kotor masuk ke sistem penyaring. Di dalam sistem penyaring diolah menjadi udara bersih.

Alat ini sendiri sudah mendapat hak paten dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia berdasarkan Undang-Undang Hak Cipta Nomor 28 2014, yang bernomor C00201604674 tertanggal 16 November 2016 yang ditandatangani oleh Direktur Hak Cipta dan Desain Industri, Dr. Dra. Widhyastari, MSI. (Agus Sukowo)