Soal Dibukanya Lagi Ibadah Haji, Kemenag Pati : Tunggu Informasi Resmi

Pati – Pemerintah Arab Saudi dikabarkan telah membuka ibadah haji dari jemaah luar negeri tahun ini. Kabar ini membuat gembira umat muslim di dunia, termasuk di Kabupaten Pati. Namun saat ini Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati belum mendapatkan informasi resmi terkait hal itu.

Ditemui di ruang kerjanya, Senin (24/5/2021), Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Pati Abdul Hamid mengatakan, Kementerian Kesehatan Haji Arab Saudi sudah mengeluarkan surat edaran protokol kesehatan haji 1442 H yang antara lain menjelaskan bahwa peserta haji tahun 1442 H sebanyak 60.000 jemaah, dengan perincian, peserta dari arab saudi sebanyak 15.000 jemaah dan peserta dari luar arab saudi sebanyak 45.000 jemaah.

“Peserta haji 1442 H berusia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun serta harus terbebas dari covid-19 dan sudah melakukan vaksinasi,” jelasnya.

Dia juga mengaku menyambut baik kabar dari Arab Saudi tersebut. “Informasi lebih lanjut, akan disampaikan secara resmi kepada jemaah setelah ada pemberitahuan resmi dari pemerintah pusat (Kemenag RI),” tegas Hamid.

Sambil menunggu kebijakan yang akan ditetapkan pemerintah pusat, pihaknya tetap melakukan sejumlah persiapan terutama mitigasi pemberangkatan haji di masa pandemi Covid-19.

“Ada delapan skenario yang sudah kami siapkan, seperti vaksinasi calon jemaah haji, penyiapan tempat karantina di asrama haji, swab PCR sebelum berangkat ke Arab Saudi dan penyesuaian protokol pelaksanaan haji sebagaimana yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi,” pungkasnya. (at/qq)