Ribuan Guru TPQ Di Pati Dapat Tunjangan Dari Pemerintah

PATI – Sebanyak 12.997 guru Taman Pendidikan Alquran dan Madrasah Diniyah serta lembaga pendidikan keagamaan lain di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menerima tunjangan kesejahteraan dari Pemerintah Kabupaten Pati.

Dari jumlah tersebut, 11.987 merupakan guru TPQ dan Madin, 850 guru sekolah minggu kristen, 110 guru sekolah minggu budha dan 50 guru sekolah minggu katolik.

“Masing-masing guru mendapat tunjangan sebesar Rp.500 ribu,” kata Bupati Pati Haryanto saat penyerahan tunjangan kesejahteraan wilayah eks Kawedanan Pati secara simbolis di Masjid Agung Baitunnur Simpang Lima Pati, Selasa (20/6).

Menurut Haryanto, bantuan tersebut merupakan wujud apresiasi Pemkab Pati terhadap pengabdian para guru TPQ, Madin, sekolah minggu dan agama Budha yang selama ini telah mengabdi untuk mendidik anak-anak di bidang agama.

Ia berharap bantuan tersebut bisa memotivasi para guru untuk lebih bersemangat dalam membimbing anak didiknya.

“Pemkab Pati selalu berupaya memberikan yang terbaik, termasuk besarnya bantuan setiap tahun mengalami kenaikan,” ujarnya.

Pada 2014, kata dia, nilai bantuannya hanya Rp.250 ribu, kemudian meningkat menjadi Rp.300 ribu pada 2015, meningkat lagi menjadi Rp.400 ribu tahun 2016 dan tahun ini naik menjadi Rp.500 ribu.

Upaya serupa, kata dia, tentunya juga akan diperjuangkan pada tahun-tahun mendatang demi terwujudnya pendidikan keagamaan yang berkualitas.

Selama Ramadhan ini, kata dia, Pemkab Pati telah membagikan bantuan kesejahteraan tersebut pada masing-masing eks-kawedanan di Kabupaten Pati, pungkasnya (Athi’/bd)