Sosialisasi Penyelenggaraan Haji Tahun 2017 M/1438 H

Wonosobo – Waktu pelaksanaan ibadah Haji semakin dekat, terkait hal ini Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo melaksanakan Sosialisasi Penyelenggaraan Haji Tahun 2017M/1438 H di Gedung Haji, Mendolo, Wonosobo, selasa (07/03). Acara sosialisasi ini dihadiri oleh 705 Calon jamaah Haji se Kabupaten Wonosobo. Hadir dalam acara sosialisasi ini Kepala Kantor Kementerian Agama, Kepala Dinas Kesehatan, perwakilan pengurus KBIH se Kabupaten Wonosobo dan tamu undangan terkait lainnya.

Mengawali sambutannya Kasi Haji dan Umroh Kab. Wonosobo,H Totok Jumantoro menyampaikan sosialisasi ini sangat penting dilakukan agar para Calon Jamaah Haji (calhaj) bisa mengetahui informasi seputar haji tahun 2017 lebih awal dan mempersiapkan diri dalam hal kesehatan jamaah juga. “ jangan sampai jamaah lalai dalam hal kesiapan administrasinya dan kesehatannya yang akhirnya bisa gagal berangkat. “ Ungkapnya.

Karenanya acara ini mengahadirkan narasumber dari dinas terkait seperti DKK yang diharapkan bisa memberikan gambaran secara utuh hal-hal apa saja yang harus dilakukan oleh calhaj dalam mempersiapkan diri dalam pelaksanaan ibadah haji tahun 2017 ini.

Diawali dari pemateri pertama  Kepala Kantor Kementerian Agama, H. Muhtadin  senada dengan yang disampaikan oleh Ketua Panitia Penyelenggara acara sosialisasi ini, beliau berharap dengan acara ini aturan, acuan, dan kebijakan dalam rangka penyelenggaraan Haji 2017 ini diharapkan mampu dipahami dan diselaraskan oleh semua pihak. Muhtadin  menjelaskan mengenai selayang pandang pengembalian Kuota Haji yang normal kembali dimana selama proses pembangunan areal masjidil haram ada pemotongan kuota.

“Bersyukur saat kuota untuk Jamaah haji Indonesia oleh kerajaan Arab Saudi di kembalikan normal sediamula.” Kata Muhtadin

Keadaan ini tentu membawa konsekuensi penambahan Calhaj yang bisa berangkat di tahun 2017, sehingga sangat penting dilakukan acara sosialisasi seperti ini, lebih lanjut Muhtadin menyampaikan berdasarkan laporan Bagian Haji dan Umroh rincian kuota Haji kabupaten wonosobo 2017 sebagai berikut ; 6 jamaah lunas tunda, 527 jamaah sesuai porsi dan untuk pengembalian 20  ada 152 jamaah kemudian untuk ploting tambahan 10.000 2017 nya calon  Jamaah Wonosobo mendapatkan jatah kuota 20  orang calon jamaah jadi total nantinya diprediksikan ada 705 calon jamaah.

Dalam acara ini pula Muhtadin memaparkan PMA No.29 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Haji Reguler secara cukup detail. Sebagai penutup materinya beliau menyampaikan Informasi bahwa nominal pelunasan menunggu hasil sidang DPR RI yang setelahnya akan keluar kepres RI. Dan beliau menegaskan Informasi setelah keluar Kepres,  Kemenag Wonosobo akan segera menyampaikan  kesemua lini mulai Jajaran Pemda, KUA, Dinas terkait sekaligus kepada Calhaj.

“Kami memastikan layanan haji di Kabupaten Wonosobo akan lebih baik dan transparan.” Pungkas Muhatadi

Dinas Kesehatan Kab. Wonosobo melalui Kepala Seksi Surfeillance dan imunisasi, Riska Wahyu Handayani  menyampaikan Permenkes no 15 tahun 2016 tentang Istitoah kesehatan penyelenggaraan ibadah haji, dimana beliau menyampaikan mampu itu meliputi kemampuan secara materi juga kesehatan fisik diharapkan dengan kesehatan fisik ini calhaj bisa memenuhi syarat dan rukun haji secara lengkap.

“Pemeriksaan kesehatan para Calhaj menjadi skala prioritas,” ungkapnya. Dengan adanya pemeriksaan ini diharapkan dapat diketahui sedini mungkin permasalahan kesehatan para Calhaj. (Humas/Af)