Sosialisasi SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN 2017

Kota Magelang – Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo bekerja sama dengan seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Magelang mengadakan sosialisasi Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2017 di AULA Kemenag Kota Magelang, Senin (27/2).

Acara ini dihadiri oleh H. Musa Hadi, Wakil Rektor  I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, H. Muhtar As’ari Kasi Penmad Kemenag Kota Magelang, H. Faturahman, Kasi Penmad Kemenag Kabupaten  Magelang dan diikuti oleh Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta, serta Guru Bimbingan Konseling Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta  se Kab/Ko Magelang.

 “Data menunjukkan jumlah siswa-siswi MA dari Kabupaten/Kota Magelang yang ikut seleksi di UIN, ini tentu ironi disaat UIN semarang sudah mampu sejajar dengan perguruan tinggi yang lain di Jawa Tengah.” Kata Musa Hadi

Lebih lanjut Musa Hadi mengatakan alasan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan  peminat calon mahasiswa yang berasal dari Kabupaten/Kota Magelang khususnya lulusan Madrasah Aliyah. SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/Institut Agama Islam Negeri (IAIN)/ Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh panitia pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip, adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

“Madrasah memiliki potensi dan peluang besar, Karena banyak lulusan madrasah yang meiliki prestasi luar biasa. ” Imbuhnya.

keadaan ini harus di maksimalkan agar para siswa madrasah juga tertarik ke UIN tidak hanya menjadikan UIN sebagai tujuan alternatif setelah mereka gagal di perguruan tinggi Negeri seperti UNDIP dan UNNES. 

Adapun tujuan SPAN-PTKIN adalah untuk mendapatkan calon mashasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi melalui seleksi siswa MA/MAK/Pesantren Muadalah. Ketentuan dan tahapan pendaftaran bisa dilihat secara online di www.span-ptkin.ac.id. Pendaftaran untuk SPAN-PTKIN dari tangga 4 Maret hingga 7 April 2017.(M4ria/Af).