Standarisasi Pembuatan Soal

Surakarta- Pendidikan Madrasah (PenMad) Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta Kamis (18/06) mengadakan kegiatan Pembekalan Teknik Penyusunan Soal Ujian Madrasah Pada Guru Madrasah Tahun 2021 yang dilaksanakan di Hotel Red Chiles Solo. Pembekalan teknik penyusunan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta Hidayat Maskur. Peserta dari pembekalan ini yaitu beberapa perwakilan dari guru Madrasah MI, MA, maupun MTs.

Kegiatan pembekalan ini dilakukan untuk memberikan bekal kepada guru-guru madrasah untuk pembuatan soal ujian, agar saat mereka membuat soal sudah sesuai dengan ketentuannya. Adanya pandemi covid-19 yang masih belum usai acara ini tentunya dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan. “Seluruh pegawai dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta harus memiliki sikap modern dalam menjalankan tugasnya, salah satu upaya saya berusaha mewujudkannya dengan langkah awal kami yaitu menggunakan aplikasi absensi online dan LCKH secara online ” tutur Hidayat Maskur.

Ia menambahkan pegawai Kankemenag Kota Surakarta harus memiliki jiwa yang tangguh dalam melaksanakan pelayanan pada masyarakat. “Tangguh dalam artian harus dapat sinkron dengan motto Kemenag Kota Surakarta, dimana dengan tangguh dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat,”jelasnya. Banyak aplikasi pelayanan online dari KanKemenag Kota Surakarta yang sudah tersedia untuk melayani semua masyrakat dengan mudah secara online.

Hidayat menjelaskan bahwa nilai penting dalam pembuatan soal itu dibutuhkan cara atau teknik sehingga soal yang dihasilkan mempunyai nilai berbobot. “Soal merupakan barometer dalam menilai kemampuan siswa dalam menerima pembelajaran yang telah diberikan maka pembuatan soal harus mempunyai standar dalam proses pembuatannya” pungkasnya. (tys/my/bd)