Studi Banding Tim Kankemenag Bangun Zona Integritas

Purbalingga – Dalam rangka pembangunan Zona Integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani, Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga yang beranggotakan 29 orang mengadakan kegiatan kunjungan studi banding ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal, Selasa (12/12).

Plt. Kepala sekaligus Ketua Tim, Ahmad Muhdzir menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menggali pengalaman Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Tegal,  terutama dalam hal inspirasi, motivasi dan aplikasi kebijakan sebagai salah satu referensi dalam mengawali pembangunan zona integritas di lingkungan Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Purbalingga.

“Kedatangan kami dalam studi banding ini untuk menimba ilmu, belajar bagaimana cara membangun zona integritas. Karena hasil kerjasama Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Tegal telah mendapat apresiasi di tingkat nasional dengan  memperoleh penilaian tertinggi dari Inspektorat Jendral,” jelasnya.

Muhdzir menambahkan ibarat bayi yang baru lahir dibutuhkan bimbingan dan pelatihan untuk bisa berjalan sendiri, sehingga bisa ikut melangkah bersama-sama dengan Kankemenag Kabupaten Tegal, Brebes dan lainnya yang telah lebih dahulu membangun dan menerapkan zona integritas di lingkungannya.

Pelaksana Tugas Kepala Kankemenag Kabupaten Tegal, Akhmad  Farkhan menyampaikan ucapan selamat datang, dan memberi wejangan kepada para peserta studi banding dengan paparannya bagaimana agar ilmu bisa didapat.

“Ilmu itu tidak akan pernah didapat oleh orang yang sombong,” ungkap Farkhan. “Semakin banyak, semakin kita terkenal, kalau kita sombong, selesai sudah,” tambahnya.

Akhmad Farkhan juga menyampaikan, salah satu daya dukung yang sangat strategis dalam pembangunan zona integritas adalah partisipasi pemerintah daerah, sebagai gambaran dicontohkan ketika informasi nikah gratis di KUA disampaikan oleh Kepala Kankemenag apalagi oleh Kepala KUA sendiri hasilnya akan jauh berbeda ketika hal tersebut disampaikan oleh seorang Bupati sebagai  Kepala Daerah sekaligus atasan dari para Kepala Desa/ Lurah.

Farkhan berpesan kepada Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas yang dipimpin Ahmad Muhdzir untuk tetap optimis, karena Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Bupati Tasdi terkenal sudah banyak memberikan dukungan kepada gerak dan langkah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga. (sar/gt)