Sukses, KKG-MI Bojongsari Gelar Pertandingan Olah Raga

Purbalingga – Rampak suara drum dan beberapa alat musik ritmis mengiringi kekompakan gerak siswa dan guru, memberikan support bagi tim yang sedang bertanding di tengah lapangan. Bahkan seorang guru perempuan dengan semangat memukul jerigen air ukuran besar untuk memberi semangat kepada anak-anak didiknya. Hal tersebut menjadi pemandangan menarik pada event Kompetisi Sepak Bola dan Bisboldu yang digelar Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKG MI) Kecamatan Bojongsari, Sabtu (13/10). Ketua Panitia, Jani Wijayanto menjelaskan kegiatan kompetisi tersebut dilaksanakan sehari di lapangan Pandhawa Desa Metenggeng dan diikuti 9 Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang ada di Kecamatan Bojongsari.

“Setiap madrasah mengirimkan 1 tim sepak bola putra dan 1 tim Bisboldu putri sehingga pada setiap cabang ada 9 tim yang bertanding. Kegiatan ini kita laksanakan agak mundur dari rencana semula agar persiapan lebih matang. Karena khusus untuk putri yang kita pertandingkan merupakan sebuah cabang olah raga yang baru kita kreasi usai penilaian tengah semester kemarin. Alhamdulillah seluruh MI di Kecamatan Bojongsari yang berjumlah 9 lembaga bisa mengikuti event tahunan ini,” ungkap Jani.

Ia menambahkan, pada kegiatan tahun lalu baru ada satu jenis olah raga yang dipertandingkan yaitu sepak bola. Sedangkan pada tahun ini ada 2 cabang yang dipertandingkan yaitu sepak bola untuk putra  dan bisboldu untuk putri.

Ketua KKG MI Kabupaten Purbalingga, Hilal Darsono dalam sambutan pembukaannya menyampaikan apresiasi atas kreativitas dan kerja keras seluruh pihak, sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik.

“Apresiasi setinggi-tingginya kami sampaikan kepada seluruh pihak yang telah mendukung  terselenggaranya kegiatan ini. Baik kepada Pemerintah Desa atas fasilitasi lapangan yang digunakan maupun dukungan moril penuh dari Ibu Pengawas. Juga kepada para wasit, ofisial, pelatih, guru-guru dan para siswa yang sudah susah payah berlatih,” ungkap Hilal.

“Apresiasi secara khusus kami sampaikan kepada pengurus K3MI dan KKG MI terutama Bidang Penjas yang telah menginisiasi sebuah cabang olah raga baru yaitu Bisboldu yang untuk pertama kalinya secara resmi akan dipertandingkan pada hari ini,” tambahnya.

Di akhir kegiatan, pada cabang Sepak Bola putra Juara I, II, dan III diraih masing-masing oleh MI Ma’arif NU Metenggeng, MI Ma’arif NU Nurul Ikhlas Pagedangan dan MI Ma’arif NU 2 Kajongan. Sedangkan pada cabang Bisboldu putri, Juara I, II dan III diraih masing-masing oleh MI Ma’arif NU 2 Kajongan, MI Ma’arif NU Nurul Ikhlas Pagedangan dan MIM Gembong. Setiap Juara memperoleh penghargaan dari panitia berupa Piala, Piagam dan Uang Pembinaan. Sedangkan peraih Juara Harapan I (Peringkat ke-4) yaitu MIM Gembong (Sepak Bola) dan MI Ma’arif NU Metenggeng (Bisboldu) hanya memperoleh Uang Pembinaan. (sar/gt)