Sukseskan Pemutakhiran Data Mandiri ASN, Kemenag Kebumen Gelar Bimtek MySAPK

Kebumen – Dalam rangka mensukseskan pemutakhiran data mandiri ASN dilingkungannya, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen melalui Subbagian Tata Usaha/Kepegawaian, menyelenggarakan kegiatan “Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Mandiri ASN Melalui Aplikasi MySAPK”, Senin (09/08) di aula setempat. Diselenggarakan secara daring dan luring, sebanyak 20 orang peserta dari perwakilan satker yang ditunjuk sebagai admin di unit kerjanya masing – masing hadir dalam kegiatan tersebut.

Kepala Subbagian Tata Usaha, H. Khamid menjelaskan, ditunjuknya admin pada masing – masing unit kerja bertujuan agar bisa membantu menjelaskan bagaimana cara penggunaan aplikasi MySAPK kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) lainnya. Harapannya, seluruh ASN dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen bisa sukses dan tepat waktu melakukan pemutakhiran data mandirinya melalui aplikasi MySAPK.

Mengutip penjelasan Kepala BKN Bima Haria Wibisana pada laman https://www.bkn.go.id tanggal 24 Mei 2021, dijelaskan bahwa jadwal pemutakhiran mandiri ASN dan PPT Non-ASN Tahun 2021 berlangsung pada bulan Juli yang diawali dengan persiapan pelaksanaan pemutakhiran data mandiri ASN dan PPT Non-ASN oleh unsur admin instansi SIASN paling lambat pada akhir minggu terakhir bulan Juni 2021. Berikutnya untuk usul pemutakhiran data mandiri dilakukan sampai bulan Oktober 2021 dan dapat diperpanjang sesuai dengan hasil monitoring dan evaluasi. Terakhir, proses verifikasi dan persetujuan data dilakukan sampai dengan akhir bulan Januari 2022 dan dapat diperpanjang sesuai dengan hasil monitoring dan evaluasi.

Untuk itu lebih lanjut ditegaskan Kasubbag TU H. Khamid, demi suksesnya kegiatan pemutakhiran data mandiri tersebut, agar seluruh ASN dilingkungannya bisa menyelesaikan dengan tepat waktu. Dan bagi ASN lainnya yang sudah berhasil bisa membantu dan saling berbagi. “Walaupun peutakhiran data ini tanggung jawab masing – masing ASN, tetapi Saya minta seluruh ASN dilingkungan Kankemenag Kabupaten Kebumen tidak pelit untuk berbagi dan saling tolong menolong dalam pemutakhiran data ini,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu Analis Kepegawaian Kankemenag Kab. Kebumen, Hj. Metha Rosana Dewi yang juga narasumber pada kegiatan Bimtel MySAPK menjelaskan bahwa kegiatan Bimtek ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan aktivasi MySAPK pada akhir bulan Juli 2021. Dia juga menjelaskan bahwa aplikasi MySAPK bertujuan untuk memperoleh data ASN yang akurat, terkini dan terintegrasi(fz)./qq