Sumpah Jabatan, Momentum Pegawai Tingkatkan Kinerja

Karanganyar – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, H. Musta’in Ahmad mengambil Sumpah Jabatan/Pegawai Negeri Sipil kepada delapan orang pegawai di halaman kantor (Selasa, 04/04). Pengambilan sumpah jabatan yang bersamaan dengan apel pagi ini disaksikan oleh Kasubbag TU, H. Wiharso dan Pengawas PAI, Suparmin dan H. Yusuf sebagai rohaniawan.

Dalam pembinaannya, Kepala Kemenag mengatakan bahwa sumpah jabatan merupakan momentum seorang pegawai untuk memperbarui kembali semangat dan identitasnya sebagai pegawai negeri sipil. Tidak hanya pegawai yang disumpah saja, hal tersebut juga berlaku bagi pegawai yang menyaksikan.

Delapan orang pegawai yang diambil sumpah/ janjinya terdiri dari tiga orang Guru serta lima orang JFU dan JFT. Tiga orang guru merupakan PNS K2 yang baru saja menerima SK pengangkatannya sebagai ASN di lingkungan Madrasah. Empat orang pegawai merupakan ASN yang diterima melalui jalur tes umum pada tahun 2011 lalu dan satu orang pegawai yang belum pernah mengikuti sumpah jabatan.

Disampaikan oleh Kepala Kemenag bahwa untuk tiga orang guru tersebut baru menerima nota persetujuan pada hari Jum’at. “Karena sudah sore, maka baru selesai memprosesnya pada hari senin sehingga hari ini diserahkan SK nya. Kemudian agar lebih cepat, dapat memangkas waktu dan biaya yang yang ditimbulkan, maka saya putuskan untuk disumpah hari ini juga, jangan ditunda-tunda”, ucap Musta’in.

“Saat ini yang dituntut adalah kecepatan, pelayanan dianggap baik bila diidentikan dengan kecepatan. Namun dalam falsafah kita ada ungkapan cepat itu harus ada garansi selamatnya. Sehingga untuk garansi keselamatan kita perlu untuk SOP yang dapat menjamin kecepatan dan keselamatan”, tambahnya.

Lebih lanjut Kakankemenag mengatakan bahwa dalam hal apapun sebaiknya kita tidak mengendap-ngendap sesuatu. Menurutnya dunia itu butuh keseimbangan, apabila kita kerap menunda-nunda sebuah pekerjaan maka akibat yang ditimbulkan dibelakang akan kurang baik. Oleh karenanya Kakankemenag berkomitmen dalam setiap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dilakukan dengan cepat namun tetap sesuai dengan prosedur yang ada.

Di akhir sambutannya, Kakankemenag mengucapkan  selamat seraya berpesan agar meningkatkan syukurnya, meningkatkan kinerjanya dan senantiasa menjaga marwah Kementerian Agama dimanapun berada. (ida-hd/Wul)