Sumpah, Saya Pemuda!

Slawi – Dibawah cuaca yang mendung, MTs Negeri Slawi melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2017. Selain agenda utama berupa upacara bendera, dilaksanakan juga prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah pengurus baru Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Masa Bakti 2017/2018.

Pemuda Indonesia Berani Bersatu merupakan tema peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini. Dimana 89 tahun yang lalu, sebanyak 71 pemuda di Indonesia berkumpul, bersatu, bertekad mengikrarkan diri, merumuskan sebuah ikrar yang akhirnya mengantarkan Indonesia pada kemerdekaan.

“Bayangkan, 89 tahun yang lalu, seluruh pemuda Indonesia, ada 71 pemuda dari berbagai daerah, dari berbagai suku, dari jarak tempuh yang berbeda. Mereka bertemu, kemudian bertekad, mengikrarkan diri untuk menyatakan bersatu. Bertumpah darah satu, Tanah Air Indonesia, berbangsa satu, Bangsa Indonesia, dan berbahasa satu, Bahasa Indonesia. Ini luar biasa,” ucap Samsudin selaku Pembina Upacara mengawali amanatnya, Sabtu (28/10).

Dalam sambutannya juga, Pembina Upacara mengangkat pesan dari Presiden RI Pertama, Soekarno, yang menyampaikan pesan, “Jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda”.

“Semangat ini harus kita teruskan sebagai pemuda. Seperti yang diungkapkan oleh Presiden Soekarno, ya. Jangan warisi abu sumpah pemuda, tapi warisi api sumpah pemuda. Karena kalau warisi abu sumpah pemuda, kita hanya akan puas sampai disini. Padahal tujuan kita masih sangat panjang,” ungkapnya.

Di akhir sambutan, Samsudin mengajak kepada seluruh peserta upacara untuk mengingat 5 perkara sebelum 5 perkara. Diantaranya adalah manfaatkan masa mudamu sebelum masa tuamu.

“Jadi mumpung kamu masih muda, yah. Belajar yang giat, yang tekun. Isi dengan keilmuan, untuk menambah ketaqwaan kepada Allah SWT,” pungkasnya.

Sementara itu, diwawancarai oleh Tim Jurnalistik di ruang kelasnya, Jelita Arinal Haq selaku Ketua OSIS masa bakti 2017/2018, memaparkan pandangannya akan arti Sumpah Pemuda.

“Saya sebagai anak muda yang hidup di zaman sekarang, selalu memegang spirit berdisiplin, bertanggung jawab, serta selalu rajin dalam memelihara semangat juang dalam belajar. Dan semua itu nantinya akan saya terapkan di kepemempinan saya kedepan,” ucapnya.

Disinggung perihal peringatan Hari Sumpah Pemuda 2017 dalam tiga kata. Ia mantap berucap, “Sumpah, Saya Pemuda!” ungkapnya. (akb/za/rf)