Supervisi untuk Peningkatan Kualitas Guru

Pemalang – Supervisi adalah salah satu tugas pokok dan fungsi seorang Pengawas. Tujuan supervisi yakni untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan menilai hasil peserta didik.

Demikian disampaikan oleh Pengawas Pendidikan Madrasah tingkat RA, MI Kecamatan Warungpring, Tusiyati saat ditemui di ruang Pokjawas Kankemenag Kabupaten Pemalang, Senin (5/11).

“Pelaksanakan pembelajaran harus disupervisi secara berkesinambungan agar kualitas guru meningkat lebih bagus sehingga peserta didik akan mendapatkan hasil yang lebih baik pula,” katanya.

Dalam rentang waktu mulai tanggal 9 Oktober 2018 sampai dengan 16 Oktober 2018, Tusiyati telah melaksanakan supervisi terhadap 12 guru di MIN 3 Pemalang. Supervisi dilaksanakan dengan menilai beberapa aspek/komponen.

Dari hasil supervisi tersebut, Tusiyati memberikan penghargaan kepada tiga orang guru terbaik.

“Tiga orang guru terbaik dari hasil supervisi yang dilakukan di MIN 3 Pemalang yakni Moh. Nurudin dengan nilai 93, Esti Sri Mulyowati nilai 91, kemudian Zaetun nilai 89. Sebagai bentuk apresiasi Pengawas kepada tiga orang guru yang telah memperoleh nilai terbaik diberikan sebuah penghargaan berupa piala,” jelas Tusiyati.

Penghargaan diberikan oleh Tusiyati saat memberikan pembinaan dan tindak lanjut hasil supervisi di MIN 3 Pemalang, Jumat (2/11). Pembinaan diikuti oleh Kepala madrasah dan seluruh guru kelas MIN 3 Pemalang.

Dalam kesempatan itu, Kepala MIN 3 Pemalang Ahmad Hisyam mengatakan pembinaan dari Pengawas sangat dibutuhkan oleh guru.

“Melalui pembinaan dari Pengawas, kita memperoleh ilmu sehingga dapat meningkatkan profesionalitas guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar,” katanya.

Hisyam berpesan agar guru untuk tidak merasa sungkan mengikuti pembinaan. Hal ini karena guru masih banyak membutuhkan pengalaman yang bisa menciptakan kiat-kiat dalam proses belajar mengajar. (sdn/fi/rf)