Penyuluh Agama Islam Kecamatan Batang Gelar Bimbingan Penyuluhan Perdana Pada Anak-Anak Masjid Baitussalam

Batang – Sebagai bentuk realisasi respon dari KUA Kecamatan Batang terhadap permohonan Takmir Masjid Baitussalam Kelurahan Proyonanggan Utara untuk membantu memakmurkan dan mensyiarkan kegiatan masjid, pada Jumat (04/06), Penyuluh Agama Islam Kecamatan Batang mengadakan kegiatan perdana dalam bentuk bimbingan dan penyuluhan kepada jamaah masjid tersebut khususnya kelompok anak-anak. .

Kepala KUA Kecamatan Batang,  H. Abdullah Najib dalam keteranganya secara terpisah mengatakan bahwa pihaknya selalu memotivasi kepada seluruh Penyuluh Agama Islam untuk secara cepat merespon kebutuhan masyarakat dalam hal bimbingan dan penyuluhan termasuk seperti yang dikehendaki oleh takmir masjid Baitussalam agar bersedia memberikan bimbingan kepada jamaah anak-anak yang sudah rutin mengaji Al-quran setiap bada maghrib. Pihak takmir mengharapkan bahwa anak-anak juga perlu mengetahui ilmu tentang seputar thaharah dan fiqih shalat.

“Kami selalu memotivasi kepada seluruh Penyuluh Agama Islam untuk secara cepat merespon kebutuhan masyarakat dalam hal bimbingan dan penyuluhan termasuk seperti yang dikehendaki oleh takmir masjid Baitussalam agar bersedia memberikan bimbingan kepada jamaah anak-anak yang sudah rutin mengaji Al-quran setiap bada maghrib. Pihak takmir mengharapkan bahwa anak-anak juga perlu mengetahui ilmu tentang seputar thaharah dan fiqih shalat,” jelas H. Abdullah Najib.

Sementara itu kordinator Penyuluh Agama Islam Kecamatan Batang, Slamet Hasanudin, menerangkan bahwa anak-anak memang perlu diberikan semacam suntikan agar lebih bersemangat dalam mengaji dan sekaligus meminimalisir dampak buruk dari pergaulan serta mengisi waktu antara maghrib dan isya dengan kegiatan yang bermanfaat. Bimbingan penyuluhan ini sekaligus menjawab keresahan takmir terhadap kondisi anak-anak yang mayoritas masih minim dalam pengetahuan bersuci dan fiqih shalat.

“Anak-anak memang perlu diberikan semacam suntikan agar lebih bersemangat dalam mengaji dan sekaligus meminimalisir dampak buruk dari pergaulan serta mengisi waktu antara maghrib dan isya dengan kegiatan yang bermanfaat. Bimbingan penyuluhan ini sekaligus menjawab keresahan takmir terhadap kondisi anak-anak yang masih minim pengetahuan bersuci dan fiqih shalat,” kata Slamet Hasanudin.

Dia menambahkan bahwa dua kali dalam setiap minggunya penyuluh Agama Islam akan berkontribusi dalam membimbing anak-anak tersebut yaitu Jumat malam Sabtu Kajian Fiqih dan Sabtu malam Ahad kajian Al-Quran.

“Dua kali dalam setiap minggunya penyuluh Agama Islam akan berkontribusi dalam membimbing anak-anak jamaah Masjid Baitussalam yaitu Jumat malam Sabtu Kajina Fiqih dan Sabtu malam Ahad kajian Al-Quran,” tambahnya .

Ketua Takmir Masjid Baitussalam, M. Ghufron mengucapkan terimakasih kepada Penyuluh Agama Islam Kecamatan Batang yang bersedia memulai kegiatan bimbingan kepada anak-anak seraya berharap dengan adanya kerjasama Penyuluh Agama dengan Takmir masjid akan menambah semangat para jamaah dalam meramaikan kegiatan masjid.

“ Atas nama Takmir kami mengucapkan terimakasih kepada Penyuluh Agama Islam Kecamatan Batang yang bersedia memulai kegiatan bimbingan kepada anak-anak seraya berharap dengan adanya kerjasama penyuluh agama dengan Takmir masjid akan menambah semangat para jamaah dalam meramaikan kegiatan masjid,” kata M. Ghufron. (hasanudin/Zy)