Tadarus Al-qur’an, Kegiatan Refreshing Usai PAT

Rembang – Selain mendatangkan pahala yang berlipat pada Ramadan ini, tadarus Al-qur’an rupanya juga menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi peserta didik MAN 2 Rembang. Usai menempuh Ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT), ratusan siswa-siswi menggelar tadarus Al-qur’an selama empat hari berturut-turut.

Kegiatan ini diadakan selama empat hari dan melibatkan kelas X dan XI. Seluruhnya ada 25 kelas. Setiap kelas diwajibkan khatam 30 juz. Sehingga selama empat hari, peserta didik MAN 2 Rembang telah mengkhatamkan Al-qur’an sebanyak 100 kali.

Tadarus ini tidak dipandang sebagai kegiatan yang menjemukan. Sebaliknya, tadarus ini rupanya menjadi kegiatan untuk menghilangkan kepenatan usai PAT.

Seperti yang diungkapkan oleh Aini khoirul ummah. Siswa kelas X MIA 2 iini menjadikan tadarus ini sebagai ‘refreshing’. “Tes kemarin sudah berjalan lancar. Namun sebelum pelaksanaan UAS ada banyak tugas yang harus dikerjakan. Belum lagi penambahan materi karena banyak waktu yg terpotong akibat kegiatan kelas XII,” kata Aini.

Selain refreshing, tadarus ini juga dimaknai sebagai doa kepada Allah SWT agar diberikan keberkahan dalam menempa ilmu di MAN 2 Rembang. “Ya itung-itung sebagai doa saja lah, semoga hasil tes bagus semua. Kalau bisa yang lebih bagus dari sebelumnya,” sambungnya.

Selama tadarus, siswa siswi melaksanakan jadwal sebagaimana yang telah ditentukan. Semua sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Ahkam, salah satu siswa mengatakan, tadarus yang diadakan secara rutin membutuhkan kekompakan.

Kekompakan yang dimaksud adalah dalam hal  pengumpulan anggaran, pembagian juz, pembelian konsumsi dan kebutuhan lainnya. “Kegiatan ini juga dapat menumbuhkan rasa empati dan kebersamaan dalam nuansa penuh keberkahan, serta rasa kekhusu'an mengharap ridho dari ALlah,” katanya. — iq/bd