Tahun 2019, Madrasah Sudah 100% Laksanakan UAMBN-BK dan Mandiri

Karanganyar – Seksi Pendidikan Madrasah (Penma) pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan Sosialisasi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional – Berbasis Komputer (UAMBN-BK) Tahun Pelajaran 2018/2019, (09/02). Kegiatan yang dilaksanakan di aula kantor ini diikuti oleh 80 Proktor dan Teknisi yang berasal dari 23 MTs dan 6 MA se Kabupaten Karanganyar.

Hadir membuka kegiatan sekaligus menjadi narasumber Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar, Ahmad Nasirin, yang didampingi oleh Kasubbag TU, Wiharso dan Kasi Penma, Siti Muzayanah.

Dalam sambutannya, Kepala Kemenag mengucapkan rasa syukurnya karena seluruh madrasah di Kabupaten Karanganyar sudah melaksanakan UAMBN-BK. Ditambah lagi, bahwa di tahun 2019 sudah tidak ada madrasah yang pelaksanaan ujiannya bergabung dengan madrasah lain, seperti tahun sebelumnya dimana ada 3 madrasah yang bergabung untuk melaksanakan ujian.

“Alhamdulillah di tahun pelajaran 2018/2019 ini seluruh madrasah di Kabupaten Karanganyar sudah melaksanakan UAMBN-BK dan mandiri. Ini merupakan kemajuan bagi kita karena di seluruh madrasah sudah memiliki infrastruktur yang memadai untuk pelaksanaan ujian berbasis komputer,” kata Ahmad Nasirin.

Lebih lanjut Ahmad Nasirin memaparkan, materi sosialisasi Kebijakan Kementerian Agama tentang Pendidikan Madrasah. Dijelaskannya bahwa penurunan jumlah mapel yang di UAMBN kan pada tahun 2019, yaitu Al Quran, Hadist, Fikih dan SKI, menitikberatkan pada keterampilan berbahasa dan perilaku.

Sementara itu, Kasi Pendidikan Madrasah yang memaparkan materi tentang kebijakan pelaksanaan UAMBN mengajak para proctor dan teknisi untuk lebih proaktif kepada tim helpdesk yang terdiri dari Sriyatno, Solihin dan Rohmadi ketika ada permasalahan terkait aplikasi online UAMBN BK.

“Kami menghimbau kepada para proctor dan teknisi di madrasah untuk selalu berkomunikasi dengan tim helpdesk Kemenag Karanganyar,” tandasnya.

Selepas pemaparan dari masing-masing narasumber, tim Helpdesk Kemenag Karanganyar menjelaskan terkait teknis dan troubleshooting aplikasi online UAMBN-BK yang dapat diakses pada alamat http://uambnbk.kemenag.go.id (ida-hd/sua).