Penanaman Pohon dan Donor Darah Warnai Kemeriahan HAB

Salatiga – Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga setiap tahunnya dalam rangka Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI selalu memberikan nuansa yang berbeda. Berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat dilakukannya demi pendekatan pelayanannya kepada masyarakat. Dengan demikian, maka kepercayaan masyarakat akan institusi Kementerian Agama senantiasa baik.

Dari tahun ke tahun pelaksanaan Pembukaan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama, selalu diisi dengan jalan santai kerukunan dengan melibatkan masyarakat umat beragama. Misi kerukunan menjadi daya tarik kegiatan tersebut dimana setiap masyarakat terlibat dalam persatuan dan persaudaraan sejati, bergandengan tangan menuju Salatiga sebagai kota tertoleran se Indonesia yang tetap rukun dan damai. Jalan santai kerukunan menjadi ikon dan idola Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga. Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi Persiapan HAB ke-73 Kemenag Kota Salatiga yang dihadiri Kepala Kementerian Agama, Para Kasi dan Penyelenggara, Kepala KUA, Kepala Madrasah, Humas dan Pengawas di Aula Kemenag kota Salatiga, Kamis (25/10).

Dalam rangka HAB ke-73 tahun 2019, berbagai inovasi pun dilakukan untuk menambah semarak dan meningkatkan manfaat HAB bagi masyarakat umat beragama di Kota Salatiga. Inovasi tersebut yakni dengan memprogramkan penanaman  pohon kerukunan di Kota Salatiga secara khusus di sepanjang jalan Lingkar Selatan Salatiga yang kondisinya masih gersang. Program tersebut merupakan ide dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga.

Dengan menjalin kerja sama lintas sektoral dengan Dinas Kehutanan Kota Salatiga program ini disetujui dan menjadi icon baru HABke-73 Kementerian Agama Kota Salatiga

“Penanaman  pohon kerukunan menjadi program yang sangat bermanfaat bagi kelestarian lingkungan di Kota Salatiga guna menopang program Kota yang hijau dan sejuk. Karena penanaman pohon ini untuk mengantisipasi meningkatnya pemanasan global dengan ditandai curah hujan yang tinggi dan suhu panas yang meningkat dan kegiatan ini akan meningkatkan rasa cinta masyarakat utamanya terhadap lingkunagan,” ungkap Fahrudin.

Selain penanaman  pohon kerukunan, Kankemenag Kota Salatiga  juga memprogramkan aksi donor darah kerukunan dari para ASN dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga dan Pengurus FKUB  dengan menyertakan umatnya yang akan disumbangkan ke lembaga lain seperti PMI.

Rencananya pohon kerukunan tersebut akan ditanam secara simbolis pada kegiatan Pembukaan HAB ke-73 di wilayah Kota Salatiga yang direncanakan (5/12/2017). Seteleh itu tanaman pohon kerukunan tersebut akan di distribusikan ke setiap kecamatan untuk ditanam dan dilestarikan dalam mendukung program pemerintah (KK-Mnc/gt)