Tahun Ini, Pembangunan KUA Bulu Dan Sumber Dijalankan

Rembang—Fasilitas KUA yang belum memadai akan memengaruhi pelayanan terhadap masyarakat. Mengingat KUA sebagai wakil Kementerian Agama di tingkat Kecamatan, maka dipandang perlu untuk melakukan perbaikan sarana prasarananya.

Demikian dikemukakan oleh Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, M. Mahmudi, pagi tadi. Mahmudi mengatakan, tahun ini pihaknya akan melaksanakan proyek pembangunan prasarana KUA Kecamatan Bulu dan KUA Kecamatan Sumber. Kedua KUA ini memiliki raduis sekitar 30-35 kilometer dari kota Rembang.

“Kami memandang perlu membangun kembali fasilitas prasarana kedua KUA ini. Karena umur bangunan yang sudah puluhan tahun. Selain itu juga diadakan penambahan gedung baru untuk balai nikah dan gedung manasik haji di tingkat Kecamatan,” kata Mahmudi.

Sebelum pelaksanaan pembangunan ini dimulai, diadakan monitoring dari tim Kantor Wilayah Kementerian Agama Provisi Jawa Tengah yang dipimpin oleh Kasubag Umum, Sofia Nur di kedua KUA tersebut pada Rabu, (22/3).

KUA Bulu mempunyai bangunan sekitar 100 m2. Luas bangunan tersebut dirasa belum cukup untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat. “Terutama untuk pelayanan nikah dan haji,” kata Kepala KUA Bulu, Djabar Alif.

Untuk itu, akan dilakukan pembangunan gedung baru yang terletak di samping bangunan lama. Rencananya, gedung baru ini akan didirikan di atas tanah seluas 220 meter dengan kontruksi bangunan dua lantai. Lantai satu akan dijadikan sebagai ruangan pelayanan balai nikah, sementara lantai dua akan digunakan sebagai aula manasik haji.

Djabar Alif berharap, proses pembangunan akan berjalan lancar. Kendati kondisi tanah tidak rata, namun diupayakan tahun ini akan selesai dibangun. “Sehingga pelayanan terhadap masyarakat akan berjalan optimal,” imbuh Djabar.

Pembangunan yang sama juga akan dilakukan di KUA Sumber. Di KUA yang berjarak sekitar 35 kilometer dari Kota Rembang ini akan dibangun gedung baru disamping bangunan lama. Luasnya sama yaitu 220 m2, dua lantai. Adapun nilai proyek pembangunannya yaitu Rp 780 juta.(ss/bd)