Tampil Memukau, Pejabat pun Rela Berfoto

Purbalingga Launching Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Pembinaan ASN dan penandatanganan prasasti 29 Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta serta 4 Madrasah yang sumber pembiayaan pembangunannya dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Tahun 2018 oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin berlangsung sukses.

Kegiatan yang berlangsung Senin (31/12) tersebut dimeriahkan grup Paduan Suara Ikatan Guru Raudlautul Athfal (IGRA) Kabupaten Purbalingga. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Karsono menjelaskan, pihaknya telah melakukan persiapan menghadapi event tersebut selama 2 bulan.

“Kegiatan pelatihan kita mulai bulan Nopember. Namun fokus latihan kita intensifkan di bulan Desember,” ungkapnya.

Adapun lagu-lagu yang ditampilkan pada kegiatan tersebut berjumlah 5 buah lagu.

“Selain tampil pada pra-acara, Paduan Suara IGRA Purbalingga juga tampil pada acara inti dengan membawakan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Kementerian Agama, Mars PTSP, Mars 5 Budaya Kerja Kementerian Agama, dan Hymne Kerukunan Umat Beragama,” tambahnya.

Ketua IGRA Kabupaten Purbalingga, Khotimah menjelaskan, Paduan Suara IGRA Purbalingga dengan 41 personel tersebut dilatih secara intensif oleh Kepala MIM Cabang Purbalingga, Sudarso Edi Prabowo dan guru seni musik MTs Negeri 2 Purbalingga, Siti Nurohmah.

“Tim kami berjumlah 43 orang, terdiri dari 2 orang pelatih dan 41 orang anggota Paduan Suara. Dirijen sekaligus pelatih, Ibu Siti Nurohmah sedangkan organ dan arransemen lagu oleh Bapak Prabowo,” jelas Khotimah.

Khotimah menjelaskan dari 5 lagu yang disajikan, 3 diantaranya yaitu Mars PTSP, Mars 5 Budaya Kerja Kementerian Agama, dan Hymne Kerukunan Umat Beragama merupakan ciptaan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Farhani.

Ia menambahkan penampilan di beberapa event penting seperti Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama, Hari Guru dan Hari dan Hari KORPRI Tingkat Kabupaten, Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten dan kunjungan kerja serta Pembinaan Kakanwil Kemenag Propinsi Jawa Tengah beberapa waktu lalu di Purbalingga semakin melejitkan nama IGRA Kabupaten Purbalingga.

Menurutnya sangat wajar ketika Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin bersama Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Farhani rela turun dari mobil dinas mereka untuk sekedar berfoto bersama dan saling menyapa. Demikian halnya dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang menyempatkan dirinya berfoto bersama dengan candaan ringannya. (sar/gt)