Tanamkan Karakter & Amalkan Nilai-Nilai Agama, MTsN 5 Wonogiri Adakan Latihan Manasik Haji

Wonogiri – Ratusan siswa MTsN 5 Wonogiri dengan mengenakan pakaian serba putih mengikuti kegiatan latihan manasik haji, Sabtu pagi (12/1) bertempat di lapangan bola Desa Karang Lor Manyaran, Wonogiri.

Para peserta didik tersebut diberangkatkan dari Madrasah berjalan kaki sejauh kurang lebih satu kilo meter menuju lokasi latihan manasik haji didampingi bapak dan ibu guru serta pembimbing dari Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Manyaran.

Kepala MTsN 5 Wonogiri, Marimo menyampaikan bahwa kegiatan yang telah dilaksanakan untuk ketiga kalinya tersebut bertujuan mempraktikan pembelajaran yang sudah diajarkan di kelas. Selain itu, menamamkan karakter anak mengamalkan nilai-nilai agama sekaligus membimbing anak kedepannya ketika mereka melaksanakan ibadah haji sudah memiliki bekal dan pengetahuan yang cukup.

“Tujuan kegiatan ini juga sebagai syiar madrasah lebih membumi dikenal masyarakat. Madrasah tidak hanya menekankan mata pelajaran umum tapi pelajaran agama lebih diutamakan,” Jelas Marimo.

Kegiatan latihan manasik haji tersebut menurut Marimo juga untuk  memberikan gambaran dan motivasi pendidikan masyarakat bahwa menunaikan ibadah haji itu hukumnya wajib bagi yang sudah mampu.

Karena latihan manasik haji merupakan pembinaan intensif kepada siswa yang tentunya menjadi salah satu bagian dari Pendidikan Agama Islam dalam rangka membentuk siswa-siswi yang sholeh dan sholehah, karena bangsa yang mau mendidik dan mengembangkan generasi mudanya akan menjadi bangsa yang maju dan kuat di masa yang akan datang.

“Harapan kami dengan adanya latihan manasik ini, anak-anak akan semakin memahami bagaimana pelaksanaan ibadah haji sekaligus mempraktikkannya, sehingga akan timbul keinginan mereka untuk berhaji ketika sudah waktunya nanti,” ujarnya

Setelah sampai di lokasi para siswa mempraktikan proses tahapan-tahapan ibadah haji sesuai aturan agama mulai dari melafalkan talbiyah, thowaf, sai, tahalul dan rangkaian  rukun dan wajib haji.

Para siswa tampak bersemangat mengikuti manasik, dengan mengucapkan talbiyah ‘Labbaikallahumma Labbaik’, mereka dipandu oleh para guru dan dari IPHI menunaikan rangkaian kegiatan haji mulai dari berjalan ke bukit shofa, melempar jumrah, tawaf, dan sa’i. (Mursyid_heri/wul)