Tarawih dan Silaturahim Mendekatkan Pemerintah dengan Masyarakat

Temanggung-  Dalam rangka untuk mendekatkan pemerintah dengan masyarakat Tarawih dan silaturahim (Tarhim) Kabupaten Temanggung melaksanakan kegiatan Tarhim dengan masyarakat Masjid Jami’ Annur  Desa Gambasan Kecamatan Selopampang, Senin (5/6).

Turut hadir dalam rombongan Tarhim,  Bupati Temanggung, Muspida, para pejabat SKPD Kabupaten Temanggung, Kepala Kemenag yang diwakili oleh Kasi Bimas Islam, Camat dan disambut oleh Muspika, Kepala KUA Selopampang, Kades dan perangkat desa Gambasan berikut masyarakat lingkungan masjid.

Kegiatan diawali dengan ramah tamah, shalat maghrib, buka bersama dilanjutkan shalat isya dan tarawih, ditutup kultum. Usai tarawih, Ketua Tim Tarhim Kabupaten Temanggung dalam sambutannya menyampaikan tujuan Tarhim tersebut adalah untuk meningkatkan hubungan silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat.

Tidak ketinggalan atas nama pemerintah mengajak kepada seluruh masyarakat untuk hidup hemat, tidak berbelanja secara berlebihan dalam merayakan hari raya Idul Fitri walaupun pemerintah sudah menjamin akan stok kebutuhan masyarakat untuk wilayah Kabupaten Temanggung tercukupi, akan tetapi sifat berlebihan dalam agama dilarang. Tidak kalah pentingnya dalam perayaan hari raya jangan menyalakan petasan sebab petasan sangat berbahaya.

Tarhim diakhiri dengan kultum oleh H. Thowaf  Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten Temanggung. Tema yang diambil dalam memberikan tausiyah adalah sekitar hikmah berpuasa yaitu bahwa puasa membuat kita menjadi sehat karena organ-organ tubuh kita setelah 11 bulan bekerja dalam satu bulan organ menjadi istirahat. Dibulan puasa ini sebagai bulan pencucian dosa maka kita dituntut untuk makan makanan yang halalan toyiban, jaga pola makan artinya disaat berbuka bukan merupakan arena balas dendam sehingga makan menjadi kekenyangan sehingga membuat malas untuk beribadah khususnya shalat tarawih, jaga pola hidup kapan waktunya bekerja dan kapan waktunya kita istirahat. Jangan lupa persiapkan untuk membayar zakat, karena zakat adalah penyucian harta benda kita setelah itu silaturahmi ke kerabat, saudara. Karena saat ini budaya silaturahmi mulai luntur. Silaturahmi sudah berpindah menjadi rekreasi ke tempat-tempat hiburan

Thowaf juga mengajak seluruh jamaah yang hadir senantiasa meningkatkan iman dan taqwa, mensyukuri nikmat ataupun rizki yang telah dilimpahkan, menjaga ukuwah islamiyah mempererat persaudaraan selaras dengan ajaran agama islam, serta mengajak warga untuk meramaikan masjid tidak hanya pada bulan suci Ramadhan saja.(sr/af)