Tausiah Kebangsaan: Tingkatkan Kesabaran dan Perbaiki Shalat

Semarang (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad, menghadiri Tausiah Kebangsaan di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah pada Jumat (4/6).Tausiah kali ini bertemakan Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh dengan Ustad Dasad Latif. 

Rangkaian kegiatan dimulai dengan sholat jumat bersama lalu dilanjutkan dengan tausiah kebangsaan. Kakanwil hadir didampingi Kabid Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf, Ahyani dan Kasubbag Umum dan Humas, Afief Mundzier. Tampak hadir juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin serta Ketua MUI Jateng, Ahmad Darodji. Kegiatan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan mengingat dilaksanakan ditengah pandemi. 

Dengan tema tersebut Ustad Dasad Latif memberikan 2 poin penting bagaimana cara bertindak di masa pandemi ini untuk mewujudkankan Indonesia Tangguh yakni dengan meningkatkan kesabaran dan memperbaiki sholat bagi seorang muslim.

“Sabar melalui apa? sabar memakai masker, sabar berjaga jarak, sabar bekerja dari rumah dan sabar menghindari kerumunan,” tutur Dasad Latif.

“Biar profesor atau doktor sekalipun, setinggi apapun jabatan seseorang kalau mereka tidak sabar, demi Allah mereka tidak akan sukses! Maka dari itu, ditengah masa pandemi ini mari kita tingkatkan kesabaran,” tegasnya.

Yang tidak kalah penting dari meningkatkan kesabaran yakni seorang muslim yang senantiasa memperbaiki shalatnya. Kian hari kian tingkatkan kualitas dalam menjalankan shalat.

“Sebagai seorang muslim mari perbaiki shalatmu,” ucap Dasad Latif.

“Maka, celakalah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya.”(QS al-Ma'un: 4-5). Apabila seseorang akan melaksanakan shalat maka pakailah pakaian yang indah. Mau ketemu bapak Gubernur saja kau pakai pakaian rapi apalagi kau mau ketemu Allah!,” tegasnya.

Tausiah Kebangsaan hari ini diakhiri dengan doa penutup yang dipimpin oleh Ketua MUI Jawa Tengah, Ahmad Darodji. (pqq)