Temanggung Juara Umum MAPSI Ke-7 Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Temanggung – Lomba  Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) SMP tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2017 ini diadakan di Kabupaten Temanggung, tepatnya di SMK Negeri 1 Temanggung dan Balai Desa Sidorejo, Temanggung.

Hadir pada saat pembukaan lomba MAPSI tingkat Jawa Tengah Bupati Temanggung, Kabid PAIS Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Ahyani,  Ketua MGMP Jawa Tengah, Muspida dan  Kepala Kementerian Agama se Eks Karesidenan Kedu.

Lomba ini terselenggara atas kerjasama dari Setda dan MGMP PAI Kabupaten Temanggung yang Ketua Panitianya adalah Bambang Arrahman. Lomba itu dibuka oleh Bupati Temanggung, pada Jumat (27/10) dan ditutup oleh Wakil Bupati Temanggung sekaligus penyerahan kejuaraan, Ahad (29/10) Pendopo Temanggung.

Lomba yang diadakan setahun sekali ini diikuti oleh berbagai kontingen dari berbagai Kabupaten di Jawa Tengah. Mereka mengikuti bermacam-macam cabang lomba diantaranya pidato, tilawah, MHQ, tartil, kaligrafi, CCI, dan rebana.

“Ajang ini sangat tepat diadakan untuk meningkatkan prestasi peserta didik, khususnya dalam bidang PAI dan Seni Islami,” kata Priyanto panitia MAPSI SMP tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Alumni STAINU Temanggung lulusan 2011 ikut andil dalam kepanitiaan ini menegaskan, banyak kejuaraan yang diborong oleh Kabupaten Temanggung.

“Sudah seharusnya guru membimbing muridnya dalam berbagai bidang keagamaan. Setelah 2 tahun yang lalu mendapat juara umum di Tegal, kontingen dari Temanggung kini menyabet juara umum lagi,” ujar guru SMP Islam Ngadirejo, Temanggung itu.

Sesuai hasil MAPSI yang diberikan panitia, untuk Pidato Putra pada Juara Harapan 3 didapat Kebumen, lalu Harapan 2 diraih Temanggung, Harapan 1 Purworejo, dan Juara 3 Purworejo, sementara Juara 2 Magelang dan Juara 1 dari Pati.

“Pidato Putri, juara Harapan 3 diraih Tegal, lalu Harapan 1 Brebes, dan Juara 3 Kebumen, Juara 2 Temanggung dan Juara 1 Banyumas,” beber dia.

Kemudian, untuk Tilawah Putra, Harapan 3 diraih Tamanggung, Harapan 2 Pemalang, dan Harapan 1 Kabupaten Semarang. “Untuk Juara 3 didapat Purworejo, Juara 2 Tegal dan Juara 1 Tegal,” lanjut dia.

Selanjutnya, untuk Tilawah Putri, Juara Harapan 2 Kudus, Harapan 2 Tegal, Harapan 1 Kendal, dan Juara 3 Purbalingga, Juara 2 Pati dan Juara 1 adalah Kebumen.

Sementara untuk MHQ Putra, Juara Harapan 3 Salatiga, Harapan 2 Wonosobo, Harapan 1 Sragen, Juara 3 Banyumas, Juara 2 Pekalongan, dan Juara 1 Kabupaten Semarang. Kemudian untuk MHQ Putri, Juara Harapan 3 Surakarta, Harapan 2 Pati, Harapan 1 Kendal, Juara 3 Demak, Juara 2 Purworejo, dan Juara 1 didapat Tegal.

Untuk Lomba Tartil Putra, Juara Harapan 3 Magelang, Juara Harapan 2 Tegal, Harapan 1 Surakarta, lalu Juara 2 Magelang, dan Juara 2 Kabupaten Semarang serta untuk Juara 1 diraih Temanggung. Sementara untuk Tartil Putri, Harapan 3 Pati, Harapan 2 Purworejo, Harapan 1 Pekalongan, Juara 3 Batang, Juara 2 Kebumen dan Juara 1 Kota Semarang.

Sementara untuk Kaligrafi Putra, Juara Harapan 3 Kudus, Harapan 2 Banjarnegara, Harapan 1 Klaten, Juara 3 Pati, Juara 2 Wonosobo dan Juara 1 Temanggung. Untuk Kaligrafi Putri, Juara Harapan 3 Wonosobo, Harapan 2 Kebumen, dan Harapan 1 Purworejo, sedangkan Juara 3 Banjarnegara, Juara 2 Pati dan Juara 1 Temanggung.

Untuk Lomba  CCI, Harapan 3 Kota Semarang, Harapan 2 Grobogan, Harapan 1 Boyolali, Juara 3 Purbalingga, Juara 2 Pati dan Juara 1 Batang.

Kemudian untuk Rebana, Harapan 3 Wonosobo, Harapan 2 Purbalingga, Harapan 1 Pemalang, Juara 3 Kota Surakarta, Juara 2 Temanggung dan Juara 1 Kota Semarang.

Pada Lomba MAPSI ke-7 Jawa Tengah Tahun  ini  Kabupaten Temanggung sebagai Juara Umum dan sebagai juara Favorit adalah Kabupaten Pati.(sr/Af)