Antusias Peserta MTQ Tingkat Kota Tegal Menurun

Tegal-Palaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) 2018 Pelajar dan Umum tingkat Kota Tegal, (16/10) digelar di kompek Balai Kota Tegal. Sedikitnya ada enam lokasi yang dijadikan tempat lomba, yaitu Pendopo Ki Gede Sebayu, ruang rapat Lt.II Setda Kota Tegal, Ruang Rapat Eks. Samsat, Mushola Pemkot, Mushola Samsat dan aula eks Samsat.

Antusiasme peserta MTQ tingkat Kota Tegal tahun ini menurun dibanding dengan tahun yang lalu. Saat ini, peserta yang sudah terdaftar melalui Bagian Sosial Seretariat Daerah Kota Tegal sejumlah 292 peserta.

Peserta tersebut terdiri dari 219 peserta pelajar dan 73 peserta umum. Sedangkan tahun lalu, peserta yang mengikuti sebanyak 322 peserta terdiri dari 243 peserta pelajar dan 79 orang peserta umum.  Selama 2 hari, seluruh kafilah akan mengikuti cabang MTQ di Pendopo Ki Gede Sebayu, Jajaran dewan hakim nampak serius menilai setiap makhorijul huruf, panjang pendek bacaan dan sebagainya. Nampak pula 31 peserta SMA/SMK/MA sedang melantunkan ayat-ayat suci Al Qur’an sangat menyentuh hati secara bergantian.

Salah satunya Abdul Gofir (18), mewakili Madrasan Aliyah Negeri (MAN) Kota Tegal bersama dua temannya.  Dia mengatakan mengikuti MTQ ini atas saran dari guru di sekolahnya. Sisi lain, Ia mengatakan kegiatan ini sebagai ajang syiar agama islam,

Beliau  mengatakan merasa tenang saat melantunkan ayat-ayat suci  Al Qur’an. “Dengan membaca Al Qur’an perasaan menjadi tenang”, pungkasnya singkat.(im/rf).