Tertib dan Lengkap Administrasi dalam Pengelolaan Dana BOS

Pati – Rapat koordinasi Pengurus KKM MI Kab. Pati sekaligus sosialisasi BOS Tahun 2017 yang diikuti oleh utusan 2 Madrasah Ibtidaiyah Negeri dan 203 Madrasah Ibtidaiyah Swasta yang dilaksanakan di aula kantor setempat, dihadiri oleh Ketua KKMI Moh. Ni’am dan Pengelola Emis Kemenag Arif Rahman Hakim, Kamis (2/3)

Pada kegiatan tersebut Ketua KKMI Ni’am saat memberikan sambutannya menyampaikan rasa senang karena dapat mengikuti kegiatan ini. “Banyak sekali informasi yang didapatkan dari pertemuan rutin bulanan ini. Semoga dengan adanya pertemuan ini bisa bertukar informasi dan terciptanya silaturrahmi di antara kepada madrasah ibtidaiyah se Kab. Pati.

Ni’am menyampaikan 3 poin penting, yang pertama kinerja kepala madrasah harus lebih aktif dalam proses manajer. Sebagai seorang manajer, kepala madrasah harus mempunyai empat kompetensi dan ketrampilan utama dalam menajerial organisasi, yaitu ketrampilan membuat perencanaan, keterampilan mengorganisasi sumberdaya, keterampilan melaksanakan kegiatan, dan keterampilan melakukan pengendalian dan evaluasi. Poin kedua adalah setiap madrasah baik negeri maupun swasta untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, supaya semua yang berada di madrasah itu nyaman. Kemudian berkaitan tentang pengelolaan dana BOS, diharapkan semua madrasah ibtidaiyah bisa tertib dan lengkap administrasi.

Sementara itu Arif selaku Pengelola Emis dan BOS Kemenag juga memberikan arahannya juga, tujuan diselenggarakannya sosialisasi ini adalah untuk memberikan pembekalan terkait dengan pengelolaan keuangan dan memberikan pemahaman tentang proses pembuatan SPJ tahun 2017 dan pembukuan pelaporan BOS, dengan harapan semua pengelola memiliki visi dan persepsi yang sama sesuai juknis BOS tahun 2017.(Athi’/bd)