Tes Seleksi PPDB FDS MTs.N 1 Kebumen Berjalan Lancar

Kebumen – Ratusan siswa mengikuti tes seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Program Full Day School (FDS) MTsN 1 Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022. Tahun ini, jumlah pendaftar FDS sebanyak 202 anak. Jumlah ini menurun dari tahun sebelumnya karena sebagian besar sudah mendaftar pada kelas Islamic Boarding School (IBS) yang diselenggarakan lebih dulu.

Dari jumlah tersebut, 172 pendaftar yang lolos administrasi dan berhak untuk mengikuti tes seleksi yang dilaksanakan secara on line. Tes dilaksanakan selama dua hari, mulai Senin, 10 Mei 2021 hingga Selasa, 11 Mei 2021. Pelaksanaan tes dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, dimana 1 ruang hanya diisi 9 peserta yang diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak. Peserta tes membawa laptop atau gawai android untuk mengerjakan soal secara on line. Materi tes terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang dikerjakan selama 2 jam.

Pengumuman hasil tes akan dilaksanakan pada Selasa, 11 Mei 2021, pukul 21.00. Pemeringkatan didasarkan pada hasil tes online dan nilai piagam kejuaraan. “Jika terjadi jumlah nilai yang sama maka peringkat ditentukan berdasar perolehan nilai mata pelajaran dengan urutan Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia,” kata Ketua Panitia PPDB, H. M. Harmuzi.

Setelah lolos tes online, peserta dan orang tua akan mengikuti tes wawancara yang akan dilaksanakan tanggal 21 – 22 Mei 2021. Pengumuman pendaftar yang diterima dilakukan tanggal 22 Mei 2021.

Meski program sudah berjalan 10 tahun, jumlah kelas program FDS hanya 2 kelas dengan 64 peserta didik. Hal ini dilakukan agar kualitas output FDS tetap terjaga.

Program Khusus

Untuk menanmpung aspirasi orang tua, maka MTsN 1 Kebumen telah membuka Program Khusus.Program Khusus merupakan program pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan tambahan alokasi jam pembelajaran pada bidang tertentu sesuai konsentrasi program. Tambahan alokasi jam dilakukan dengan memanfaatkan muatan lokal dan layanan tambahan. Kepala MTsN 1 Kebumen, Drs. H. Sugeng Warjoko, M.Ed. menyampaikan, pembukaan program khusus dilakukan karena kualitas peserta didik MTsN 1 Kebumen yang luar biasa sehingga mereka harus dibina dengan program yang luar biasa pula.

Adapun program khusus terdiri dari Program Tahfidzul Quran, Riset, Infotek, Bahasa, dan Olah Raga Prestasi. Program tersebut menggantikan kelas reguler yang selama ini ada. Pendaftaran program khusus mulai Senin, 7 Juni 2021 sampai Kamis, 10 Juni 2021.(sy/fz).