Tiga Siswa Madrasah Sabet Medali Kejurnas Pencak Silat

Klaten – Tiga siswa Madrasah Ibtidaiyah di Klaten sabet medali pada Yogyakarta Championship 5, tahun 2019 di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Bantul, Selasa (12/3).

Berlabel kejuaraan nasional (Kejurnas) pencak silat, peserta yang hadir pun tidak berasal dari wilayah Yogyakarta saja, tetapi juga Bali, Kalimantan, hingga Papua. Sedangkan kategorinya, meliputi usia dini (8 tahun), lalu SD/MI (9-12), pra remaja SMP/MTs, serta remaja SMA/SMU.

Ketiga siswa hebat itu adalah Kaka, siswa MIM Talang, mendapatkan medali emas, Zahra dan Dinda, siswi MIM Gaden I Klaten, raih perak dan perunggu.

“Ini kebanggaan bagi kami Kementerian Agama, karena siswa-siswi madrasah bisa berkancah di tingkat nasional dengan mendapatkan medali. Prestasi ini diharapkan mampu membangkitkan semangat siswa agar terus berprestasi dan menggugah siswa lainnya agar dapat berprestasi pula,” kata Kasi Penmad Madrasah Faznan Fauzi.

Menurutnya para sejumlah siswa-siswi di madrasah telah mengikuti pembinaan dan latihan cabang pencak silat dalam menghadapi berbagai lomba, baik di tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi, dan Nasional.

“Dengan prestasi yang didapatkan oleh siswa madrasah, akan membawa harum nama madrasah, sehingga madrasah akan terus menjadi pilihan masyarakat,” jelasnya.

Menurut dia, prestasi membanggakan tersebut, merupakan hasil kerja keras dan latihan rutin yang telah diikuti anak didiknya selama ini. Dia berharap, ke depan bisa ditingkatkan lagi.

“Untuk itu, kami selalu menghimbau anak didik yang telah berprestasi agar tetap rutin berlatih. Supaya bakat dan kemampuan yang dimiliki akan terus terasah, sehingga anak-anak tampil maksimal di setiap kejuaraan yang diikuti,” ujarnya.

Kepala MIM Gading I, Ahmad Mustafa, bangga akan apa yang telah diukir anak didiknya. “Kepada pelatih diharapkan agar lebih memberikan motivasi dan bimbingan kepada anak-anak agar berlatih lebih giat, sehingga dapat meraih prestasi lagi.”

Sementara itu, Kaka bersyukur dan bangga bisa membawa pulang medali emas dalam kejuaran tersebut. Dia mengatakan, akan tetap giat berlatih dan berjuang di setiap ajang yang diikutinya, sehingga bisa mempersembahkan banyak prestasi untuk madrasah.(tr-aj/sua)